Tangerang (ANTARA) - Dinas Perhubungan bersama Polres Metro Kota Tangerang mulai memasang Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ) di 19 titik lokasi strategis yang digunakan pemudik sebagai jalur mudik.

Kepala Dishub Kota Tangerang, Achmad Suhaely di Tangerang, Selasa menuturkan pemasangan rambu petunjuk jalan ini dilakukan di sepanjang musim arus mudik dan arus balik Lebaran.

Hal ini dilakukan sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik kepada para pemudik yang rute perjalanannya melewati Kota Tangerang.

"Hari ini kami mulai lakukan pemasangan rambu petunjuk jalan. Selanjutnya, rambu petunjuk jalan ini dipasang di jalan-jalan nasional yang menjadi rute pasti perjalanan para pemudik, yakni di sepanjang jalan utama arah Jakarta menuju Serang atau Pulau Sumatera, begitu pun sebaliknya, yang saat ini menjadi prioritas utama,” ujar Kepala Dishub, Achmad Suhaely di Tangerang.

Saat ini, pemasangan rambu petunjuk jalan ini dilakukan di 19 titik lokasi strategis yang telah ditentukan. Selain itu, rambu petunjuk jalan ini dapat membantu pemudik untuk lebih mudah memahami rute perjalanan menuju kota tujuan.

Baca juga: Kabupaten Tangerang segera perbaiki jalur mudik Lebaran 2023

Baca juga: Pemkot Tangerang uji tera delapan SPBU di jalur mudik


"Terlebih, jika nantinya terdapat skenario lalu lintas khusus yang diterapkan selama arus mudik berjalan," katanya.

Kepala Unit Keamanan dan Keselamatan Satlantas Polres Metro Kota Tangerang, Rovi menambahkan pemasangan rambu petunjuk jalan ini bermanfaat untuk memperlancar arus lalu lintas, menghindari kecelakaan, serta menghindari ketersesatan sehingga efisiensi waktu dan menghemat bahan bakar bisa dirasakan para pemudik nantinya

Harapannya, pemudik dapat memanfaatkan marka petunjuk jalan tersebut, serta pelayanan-pelayanan lain yang nantinya akan dihadirkan oleh Dishub dan Polres Metro Kota Tangerang, seperti posko mudik, pelayanan kesehatan, dsb.

“Dishub dan Polres Metro Kota Tangerang tentunya mengimbau kepada seluruh pemudik untuk tetap berhati-hati di jalan, serta mematuhi rambu-rambu yang sudah ditetapkan untuk mempermudah segala sesuatunya bisa mampir ke posko-posko yang nantinya kita siapkan,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab Tangerang sediakan 1.450 kuota mudik gratis

Baca juga: Dishub Tangerang buka posko validasi peserta mudik gratis Kemenhub

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023