Daftar langsung atau offline memang kami batasi 50 orang untuk satu trip pelayaran kapal
Situbondo (ANTARA) - Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, selain membuka pendaftaran mudik dan balik gratis secara daring (dalam jaringan) juga melayani secara offline atau calon pemudik datang langsung ke pelabuhan penyeberangan Situbondo-Madura itu.

Lebaran tahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur memfasilitasi mudik dan balik gratis warga Pulau Raas, Kabupaten, Sumenep, Madura, dengan menggunakan kapal motor penyeberangan (KMP) yang diberangkatkan dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo.

Baca juga: Dinas Perhubungan Situbondo siapkan e-ticketing di Pelabuhan Jangkar

"Di pelabuhan memang ada petugas melayani pemesanan tiket mudik dan balik gratis, jadi calon pemudik bisa datang langsung ke pelabuhan untuk mendaftar," ujar Koordinator UPT Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Banyuwangi, Wilayah Kerja Jangkar, Situbondo, Tri Wahyono di Situbondo, Selasa.

Selain itu, katanya, warga Pulau Raas yang saat ini masih ada di Pulau Bali, maupun di beberapa daerah di Jawa Timur, bisa memanfaatkan layanan mudik dan balik gratis dengan menghubungi nomor telepon petugas.

"Warga yang kesulitan mendaftar secara daring di laman http://sipentol.dishub.jatimprov.go.id, bisa langsung menghubungi petugas dan nantinya akan dibantu untuk mendapat tiket mudik dan balik gratis," kata Tri Wahyono.

Menurut ia, pendaftaran secara offline dibatasi 50 orang penumpang untuk masing-masing trip pelayaran kapal dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas.

"Daftar langsung atau offline memang kami batasi 50 orang untuk satu trip pelayaran kapal. Karena mudik gratis disiapkan empat kali trip pelayaran," kata Tri Wahyono.

Bagi warga yang akan memesan tiket mudik dan balik gratis tujuan Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, cukup mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor kendaraan roda dua.

Laman pendaftaran mudik dan balik gratis Lebaran 2023 sudah bisa diakses sejak tanggal 9 April 2023 setelah sebelumnya dilakukan uji coba bersama-sama.

Dari pantauan, laman pendaftaran mudik dan balik gratis pada Selasa, 11 April 2023, kuota keberangkatan kapal feri pada tanggal 13 April sudah habis, dan tersisa kuota kendaraan roda dua (sepeda motor).

Keberangkatan tanggal 15 April 2023, juga sudah habis dan tersisa kuota untuk kendaraan roda dua 82 unit. Pada 17 April 2023 kuota penumpang juga habis dan tersisa untuk kendaraan roda dua 68 unit.

Sedangkan keberangkatan kapal feri pada tanggal 19 April 2023 (terakhir mudik gratis), tersisa 1 tempat duduk atau satu penumpang saja dan sisa kuota sepeda motor 93 unit.

Mudik gratis dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas menggunakan satu unit kapal feri, yakni KMP Wicitra Dharma I sebanyak empat kali trip pelayaran.

Adapun jadwal keberangkatan kapal feri untuk angkutan mudik dan balik gratis, pada tanggal 13 April 2023, kapal feri bertolak dari Pelabuhan Jangkar menuju Pulau Raas sekitar pukul 12.00 WIB, sedangkan pada tanggal 15, 17 dan 19 April 2023, kapal motor penyeberangan untuk mudik gratis itu dijadwalkan berangkat pada pukul 22.00 WIB.

Pada arus balik juga empat kali trip pelayaran kapal dari Raas ke Jangkar, yakni pada tanggal 30 April, dan tanggal 2, 4, 6 Mei. Kapal feri berangkat pukul 06.00 WIB.

KMP Wicitra Dharma I nantinya mampu mengangkut sebanyak 250 orang calon pemudik dan 150 unit sepeda motor sebanyak empat kali pelayaran dari Jangkar ke Raas.

Baca juga: Pelabuhan Jangkar Situbondo buka pendaftaran mudik gratis 4 April

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023