Jakarta (ANTARA News) - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memberikan penghargaan "Lifetime Achievement" kepada Muhammad Jusuf Ronodipuro, seorang penyiar yang gigih dan berani serta orang yang paling berperan mewartakan kemerdekaan Indonesia ke seluruh dunia.

Siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu, menyebutkan Jusuf mempunyai peran besar dalam sejarah penyiaran di Indonesia, memiliki visi memajukan penyiaran di Indonesia dan memberi teladan serta inspirasi insan penyiaran.

Anugerah KPI 2012 diikuti oleh 197 program acara dari 11 stasiun televisi berjaringan dan lembaga penyiaran (TV dan radio) lokal. Anugerah diberikan untuk delapan kategori program dan tiga kategori khusus.

Untuk kategori program, TVRI meraih penghargaan terbanyak dengan menyabet kemenangan di tiga kategori yakni Program Bintang Laut (kategori program anak TV), Program Swara Liyan Episode "Cerita Muram dari Balik Tembok" (kategori program dokumenter TV), Program Swara Liyan Episode "Suara Anak Pesisir" (kategori program feature TV).

Sementara pemenang program talkshow TV diraih oleh Metro TV dengan Program Kick Andy Episode "Perempuan-perempuan Perkasa".

Untuk kategori khusus, peraih Anugerah KPI 2012 adalah RRI Entikong (kategori radio peduli perbatasan), Belu TV (kategori televisi peduli perbatasan) dan Para Pencari Tuhan, SCTV (kategori program Ramadhan TV terbaik).

Pengumuman peraih Anugerah dilakukan dalam acara Malam Anugerah KPI 2012 di Auditorium TVRI, Selasa (11/12). Acara tersebut dihadiri sejumlah anggota DPR, pejabat negara dan para pemangku kepentingan penyiaran.
(A064/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012