Singapura (ANTARA) - Dolar merosot terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya di sesi Asia pada Rabu sore, dengan pengecualian yen, karena investor memperkirakan data inflasi AS hari ini akan untuk memberikan beberapa petunjuk tentang seberapa cepat suku bunga AS akan mencapai puncaknya.

Terhadap sekeranjang enam mata uang utama lainnya, indeks dolar AS turun 0,07 persen menjadi 102,05.

Euro terakhir diperdagangkan 0,12 persen lebih tinggi pada 1,0926 dolar dan sterling naik 0,02 persen menjadi 1,2430 dolar, dengan kedua mata uang agak jauh dari posisi terendah satu minggu yang dicapai pada Senin (10/4/2023).

Data inflasi AS untuk Maret diperkirakan mencapai 5,2 persen tahun-ke-tahun, turun dari 6,0 persen sebelumnya, sementara inflasi inti kemungkinan naik menjadi 5,6 persen, menurut jajak pendapat Reuters terhadap para ekonom.

"Itu bisa menjadi perbedaan antara kenaikan 25 basis poin atau jeda di pertemuan Fed berikutnya pada Mei," kata Matt Simpson, analis pasar senior di City Index, menambahkan bahwa pasar uang dapat "dengan cepat kembali ke perkiraan jeda kebijakan" jika data inflasi datang lebih lembut dari yang diharapkan.

Pasar uang memperkirakan peluang sekitar 74 persen bahwa Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin bulan depan, meskipun beberapa pemotongan suku bunga juga diperkirakan pada awal Juli hingga akhir tahun.

Serangkaian pembicara Fed pada Selasa (11/4/2023) menawarkan sedikit panduan tentang seberapa jauh suku bunga AS akan naik. Presiden Fed New York John Williams mengatakan itu tergantung pada data yang masuk.

Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker mengatakan dia merasa bahwa akhir kenaikan suku bunga mungkin sudah dekat, sementara Presiden Fed Chicago Austan Goolsbee mengatakan bahwa bank sentral AS harus bersabar menaikkan suku bunga dalam menghadapi tekanan sektor perbankan baru-baru ini.

Gejolak perbankan yang dipicu oleh jatuhnya Silicon Valley Bank bulan lalu telah menambah taruhan bahwa Fed tidak akan menaikkan suku bunga setinggi yang dikhawatirkan sebelumnya untuk mengurangi tekanan pada sektor ini.

Terhadap yen, dolar naik ke level tertinggi hampir satu bulan di 134,045, cerminan dari perbedaan mencolok antara siklus pengetatan kebijakan moneter agresif Fed dan kebijakan ultra-longgar bank sentral Jepang (BoJ).

Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan dalam laporan stabilitas keuangan global yang dirilis pada Selasa (11/4/2023) bahwa BoJ dapat membantu mencegah perubahan kebijakan yang tiba-tiba nantinya dengan memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dalam kebijakan kontrol kurva imbal hasil.

Di tempat lain, Aussie naik 0,32 persen menjadi 0,6675 dolar AS, sedangkan kiwi naik 0,19 persen menjadi 0,6204 dolar AS.

Di pasar uang kripto, bitcoin tergelincir sedikit ke 30.001 dolar AS, bertahan di atas level kunci 30.000 dolar AS setelah menembusnya untuk pertama kalinya dalam 10 bulan pada Selasa (11/4/2023). Ether, mata uang kripto terbesar kedua, mencapai 1.867,90 dolar AS.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023