Dengan layanan ini pihak-pihak yang melakukan transaksi online akan terhindar dari risiko penipuan atau transaksi palsu sehingga menciptakan perasaan aman dan nyaman bagi kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli."
Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan penyedia jasa pembayaran dalam jaringan (online) asal Indonesia, Ipaymu, menggandeng layanan pembayaran tingkat global, PayPal, untuk memastikan keamanan transaksi pembayaran antar negara.

Pendiri sekaligus pemilik Ipaymu, Riyeke Ustadiyanto, mengatakan kepada pers di Ballroom UOB Plaza, Jakarta, Kamis, munculnya sistem pembayaran online yang dapat dipercaya akan mempengaruhi nilai perdagangan dan sekaligus menjaga keberlangsungan proses transaksi perdagangan secara online.

"Didirikannya Ipaymu untuk memberikan pengalaman bertransaksi secara cepat, aman, mudah dan menyenangkan bagi masyarakat serta dapat menjadi solusi untuk pembayaran online bagi banyak Usaha Kecil Menengah (UKM) yang saat ini masih sulit untuk dapat menikmati layanan transaksi online perbankan," katanya.

Ia menambahkan adanya kolaborasi dengan PayPal ini akan memungkinkan lebih dari 6.000 UKM Indonesia yang bekerja dengan Ipaymu untuk menjual barang dan jasa kepada jutaan konsumen di seluruh dunia.

Berawal dari sebuah komunikasi UKM "electronic commercial" (e-commerce) di Bali, Ipaymu kini mulai berkembang dan bekerja sama dengan 137 bank lokal maupun internasional dan menawarkan transaksi online secara terintegrasi untuk layanan "e-commerce" seperti, "e-wallet", kartu kredit, keranjang belanja, transaksi berulang, penarikan dan transfer uang melalui jaringan bank serta PT Pos Indonesia.

"Bahkan Ipaymu juga menyediakan layanan rekening bersama atau dikenal dengan `escrow`," urainya.

Layanan ini merupakan penjamin dari setiap transaksi online yang disediakan oleh toko online atau individu yang terikat dalam perdagangan online.

"Dengan layanan ini pihak-pihak yang melakukan transaksi online akan terhindar dari risiko penipuan atau transaksi palsu sehingga menciptakan perasaan aman dan nyaman bagi kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli," ulasnya.

Sementara itu, General Manager PayPal Asia Tenggara dan India, Ahmed Faraz, mengatakan pihaknya sangat senang menunjuk Ipaymu sebagai mitra channel di Indonesia untuk membantu UKM dengan mudah dan aman menerima PayPal sebagai metode pembayaran online.

"Kemitraaan ini memungkinkan mereka untuk menjual ke lebih dari 117 juta pengguna Paypal aktif pada 190 pasar di seluruh dunia dan menerima pembayaran sampai dengan 25 mata uang," jelasnya.

Paypal adalah bagian dari perusahaan eBay (Nasdaq: EBAY) yang memiliki kantor pusat di San Jose, California, AS, dan kantor pusat internasional di Singapura. (IAZ/SSB/S006)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012