Moskow (ANTARA) - Rubel Rusia stabil di dekat 82 terhadap dolar pada awal perdagangan Kamis, dibantu oleh harga minyak yang lebih tinggi yang dapat meningkatkan masuknya pendapatan ekspor mata uang asing, tetapi masih rentan terhadap ayunan tajam di tengah likuiditas yang terbatas.

Rubel mengalami minggu terburuknya terhadap dolar sepanjang tahun Minggu lalu, memicu banyak komentar dari para pejabat. Gubernur Bank Sentral Elvira Nabiullina menolak permintaan anggota parlemen untuk memperketat pembatasan mata uang dan memperingatkan devaluasi tajam dan krisis keuangan.

Pada pukul 07.31 GMT, rubel tidak berubah terhadap dolar diperdagangkan pada 81,93 dan telah kehilangan 0,1 persen untuk diperdagangkan pada 90,10 versus euro. Rubel telah turun 0,1 persen terhadap yuan menjadi diperdagangkan di 11,90.

Pasokan valas yang terbatas telah menghambat rubel, tetapi pembayaran pajak yang biasanya melihat eksportir mengubah pendapatan mata uang asing untuk memenuhi kewajiban lokal akan menopang rubel di akhir bulan.

Surplus neraca berjalan Rusia yang menyusut, merosot sekitar 73 persen pada Januari-Maret karena nilai ekspor menurun dan impor pulih, juga merugikan rubel.

"Masih ada keseimbangan antara permintaan dan penawaran mata uang asing pada nilai saat ini," kata analis Promsvyazbank Egor Zhilnikov dalam sebuah catatan, memperkirakan rubel tetap di kisaran 81,5 dan 82,5 terhadap dolar tanpa adanya pendorong yang kuat di kedua arah.

Minyak mentah Brent, patokan global untuk ekspor utama Rusia, turun 0,2 persen menjadi diperdagangkan di 87,2 dolar AS per barel, setelah mendekati level tertinggi lebih dari 10 minggu di sesi sebelumnya.

Setelah menghabiskan sebagian besar tahun lalu sebagai mata uang dengan kinerja terbaik di dunia, rubel telah menderita setelah Barat memberlakukan sanksi baru pada ekspor minyak Rusia dalam bentuk batas harga minyak dan embargo Uni Eropa pada ekspor minyak mentah yang dibawa melalui laut.

Indeks saham Rusia lebih tinggi. Indeks RTS berdenominasi dolar terangkat 0,6 persen menjadi diperdagangkan di 981,5 poin. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel menguat 0,6 persen menjadi diperdagangkan pada 2.553,1 poin.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023