Gorontalo (ANTARA) - Wakil Presiden Republik Indonesia K.H Ma’ruf Amin bersama istri Wury Estu Handayani disambut dengan adat Mopotilolo saat tiba di Bandara Djalaludin, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kamis.

Wapres Ma’ruf Amin bersama rombongan tiba sekitar pukul 15.48 Wita menggunakan pesawat Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU. Rombongan disambut oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer dan unsur Forkopimda.

Mopotilolo merupakan rangkaian upacara adat untuk menyambut setiap pejabat tinggi negara yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Gorontalo. Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Penyambutan adat Mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo. Tahapan adat pertama yakni mopodungga lo adati yang berisi kata kata bijak dalam bahasa Gorontalo.

Tahapan penting lainnya yakni mopodungga lo uyilumo, atau mempersilakan minum. Tahapan ini tidak dilakukan mengingat saat ini Wapres dan rombongan sedang berpuasa. Dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Mopotilolo diakhiri dengan prosesi mongabi atau pernyataan secara resmi dari tokoh adat bahwa pejabat yang disambut dengan adat telah mendapat restu untuk berkunjung ke Gorontalo.

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menyambut bahagia kehadiran Wapres Ma’ruf dan rombongan, ia berharap kehadiran ulama besar itu membawa berkah bagi Gorontalo.

"Suatu kehormatan bagi pemerintah dan masyarakat Gorontalo bisa dikunjungi oleh Pak Wapres Ma’ruf Amin. Kehadiran Pak Kyai mudah mudah membawa berkah dan keselamatan bagi daerah kami," kata Hamka.

Wapres akan mengikuti sejumlah agenda selama di Gorontalo. Malam ini akan mengikuti salat isya dan tarawih berjamaah di Masjid Baiturrahim Kota Gorontalo. Ma’ruf Amin dijadwalkan memberikan ceramah agama.

Baca juga: Wapres ke Gorontalo hadiri pertemuan Forum Kerukunan Umat Beragama

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023