IM Irwanto juara turnamen catur kilat unggul "solkof" atas GM Lasha

Dalam catur kilat yaitu permainan lima menit, faktor ketenangan sangat diperlukan, makanya kita lihat para pecatur senior tampak lebih menguasai permainan."
Jakarta (ANTARA News) - Pecatur Sumatera Selatan IM Irwanto Sadikin menjuarai turnamen catur kilat So Nice Christmas Cup IV 2012, setelah menang "solkof" atas GM Lasha Janjgava ketika keduanya sama-sama mengumpulkan 9,5 poin di Jakarta, Jumat.

Persaingan kedua pecatur itu cukup ketat, GM Lasha asal Georgia yang juga adalah pelatih timnas catur Indonesia, hampir saja menjuarai turnamen, namun sial dia kalah dari pecatur Sumatera Utara FM Hamdani Rudin pada pertandingan babak ke-11 atau terakhir.

GM Lasha yang telah mengumpulkan 9,5 poin dan posisi unggul satu poin atas Irwanto menjelang pertandingan babak terakhir itu atau ketika babak ke-10, tidak mampu menambah poin dari hasil kekalahannya itu.

Sementara Irwanto yang mengemas 8,5 poin pada saat itu justru melaju menyamai poin dengan Lasha, bahkan menang solkof, setelah dia mengalahkan pecatur DKI Jakarta IM Dede Liu pada pertandingan babak ke-11 terakhir.

Sedangkan Hamdani Rudin menempati posisi ketiga dengan mengumpulkan 9 poin.

Sekjen PB Percasi henri Henri Hendratno mengatakan, dalam permainan catur cepat ini terlihat masih didominasi oleh para pecatur senior.

"Dalam catur kilat yaitu permainan lima menit, faktor ketenangan sangat diperlukan, makanya kita lihat para pecatur senior tampak lebih menguasai permainan," katanya.

"Saya perkirakan usia 30 hingga 40 tahun itu sudah matang untuk bermain catur kilat, mereka lebih menguasai teknik permainan," tambahnya.

Dia juga menyatakan akan membina para juara catur kilat untuk selanjutnya dibentuk menjadi satu tim tersendiri.

"Ke depan para juara di sini akan kami bina untuk menjadi suatu timnas catur kilat," katanya. (A020/Z002)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar