Jakarta (ANTARA) - Berpuasa di bulan Ramadhan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti membersihkan tubuh dari racun dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, pengamat gizi dan pangan Endang S. Sunaryo menyarankan bahwa makanan yang disajikan selama sahur dan berbuka puasa harus bernutrisi agar badan tetap kuat dan sehat selama berpuasa.

“Konsumsi ikan laut kaya rempah dapat menjadi salah satu pilihan makanan yang tepat,” kata Endang dalam siaran pers pada Jumat.

Ikan laut mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti asam lemak esensial omega 3 dan omega 6, vitamin D, protein khususnya bioaktif peptida, hingga asam amino, antara lain asam amino glutamat dan asam amino glutamin.

Secara alami, asam glutamat ditemukan dalam 10-25 persen dari semua protein dalam makanan. Monosodium glutamat alami bisa ditemukan di hampir semua bahan dasar makanan, terutama makanan berprotein tinggi seperti keju, daging, ikan, bahkan jamur dan beberapa sayuran seperti tomat dan rumput laut, kata Endang.

Baca juga: Kiat pilih asupan makanan sahur agar puasa bernergi

Ikan laut juga berperan penting menjaga stamina dan kesehatan jantung lewat kandungan gabungan mineral Seng (Zn) dan Selenium (Se) dengan vitamin A, C, dan E yang dikenal sebagai sistem antioksidan sinergis.

Nutrisi bioaktif peptida yang terkandung pada ikan laut di antaranya adalah Inosinat Mono Posfat (IMP) dan Guanilat Mono Posfat (GMP) yang membuat ikan laut terasa gurih dan menggugah selera. Bila dipadukan dengan bumbu rempah-rempah, ikan akan semakin bermanfaat bagi kesehatan, kata Endang.

Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan kayu manis terbukti juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Secara garis besar, rempah-rempah yang memanjakan lidah juga mengandung sekumpulan zat gizi fitokimia seperti antioksidan, oleoresin, minyak esensial (atsiri), vitamin, dan mineral yang terbukti bermanfaat sebagai antiperadangan, antiseptik, maupun antimikroba, mencegah penuaan sel, memberi rasa hangat tubuh, dan memperkuat sistem kekebalan utamanya melawan virus dan bakteri.

Agar mudah dalam penyajiannya, ikan laut dalam dapat disiapkan menjadi kaldu. Berikut empat inspirasi menu ikan laut yang kaya rempah untuk disajikan selama puasa:

1. Sup ikan laut
Sup ikan menjadi salah satu menu puasa yang mudah dibuat dan sangat lezat. Berbagai jenis ikan laut seperti salmon, kakap, tenggiri, tuna atau kerapu bisa dikreasikan menjadi sup. Tambahkan beberapa sayuran seperti wortel, kentang, bawang putih, bawang bombay, dan tambahkan rempah-rempah untuk menambah aroma dan cita rasa yang lezat sup ikan laut.

Baca juga: Resep sajian Ramadhan: Ikan salmon saus woku belanga khas Manado

2. Gulai ikan
Ide menu olahan ikan berikutnya, yakni gulai ikan yang berkuah santan. Menu tradisional itu terkenal dengan rasa rempah- rempahnya yang kaya dan lezat.

Gulai ikan biasanya dibuat dengan menggunakan ikan jenis kakap, tongkol, atau tuna yang dimasak dengan santan, rempah-rempah seperti kunyit, ketumbar, jahe, lengkuas, dan daun jeruk.

3. Ikan pepes
Ikan pepes biasanya dibuat dengan menggunakan ikan yang dicampur bumbu rempah seperti bawang putih, bawang merah, cabai, daun jeruk, dan serai. Meski cukup sederhana, namun, menu itu mengandung nutrisi yang terkandung dapat membantu mengoptimalkan kesehatan selama bulan puasa.

Ikan pepes bisa dibuat menggunakan ikan air tawar seperti ikan mas, gurame atau ikan nila, dan ikan laut.

4. Pindang ikan
Menu pindang ikan tentu sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Menu ikan laut khas dari Sumatera Selatan khususnya Palembang dibuat menggunakan ikan jenis tongkol atau patin yang dimasak bersama bumbu rempah seperti kunyit, jahe, lengkuas, daun jeruk dan daun salam.

 Bunga kecombrang atau honje membuat rasa pindang ikan ini asam manis yang khas dan sangat lezat.

Baca juga: Ini rekomendasi dokter gizi untuk menu buka puasa lebih sehat

Baca juga: Inspirasi "dessert" berbahan "konnyaku" untuk menu berbuka puasa

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023