Saya berharap mereka akan terus mengintepretasikannya di parlemen mendatang bukan karena negara-negara Eropa lainnya menginginkan ini tetapi karena rakyat Italia membutuhkannya."
Roma (ANTARA News) - Silvio Berlusconi mengungkapkan perasaan hatinya yang paling dalam pada jam primetime televisi Minggu, ketika dukungan bagi upaya pemilihan kembali dirinya berkurang karena para legislator dari partainya sendiri berjanji setia kepada Perdana Menteri Mario Monti menjelang pemilu Februari.

Dengan permasalahan hukumnya yang harus segera diselesaikan dengan cepat, Berlusconi mengiba "dengan sungguh-sungguh di hadapan Tuhan" karena hukuman penggelapan pajaknya awal tahun ini. Proses pengadilannya yang masih berjalan menyangkut hubungan seks dengan seorang pelacur di bawah umur adalah "operasi fitnah besar", katanya, lapor AFP.

Perdana menteri tiga kali itu juga mengatakan dia telah "diperdaya" supaya mengadakan pesta-pesta dengan sekumpulan wanita muda ketika itu saat dia merasa "kesepian" setelah berpisah dari istri keduanya.

Berlusconi berbicara dalam acara obrolan di Canale 5, bagian dari kerajaan medianya. Di hari yang sama partai yang dia dirikan, Rakyat Merdeka (PDL), mengadakan konvensi di Roma dimana para pemimpinnya mendukung Monti.

"Hari ini kami semua mendukung Monti untuk menjadi kandidat perdana menteri," kata Roberto Formigoni, gubernur wilayah Lombardi bagian utara yang kaya, pada acara tersebut.

Mantan menteri luar negeri Franco Frattini mengatakan: "Mario Monti dan agenda Monti telah mengintepretasi gagasan kebaikan bersama.

"Saya berharap mereka akan terus mengintepretasikannya di parlemen mendatang bukan karena negara-negara Eropa lainnya menginginkan ini tetapi karena rakyat Italia membutuhkannya."

Berlusconi yang berusia 76 tahun sendiri telah menebar kebingungan dengan mengatakan dia akan menarik pencalonannya jika Monti maju. Hal itu telah menambah tekanan domestik dan internasional terhadap perdana menteri teknokrat untuk menguraikan maksudnya.

Jajak-jajak pendapat belakangan menunjukkan bahwa apa yang akan menjadi kampanye pemilu keenam Berlusconi dalam dua dasawarsa akan berakhir dengan kekalahan di tangan kaum tengah-kiri yang bangkit kembali. Para pengamat politik telah mengatakan politikus yang menua itu kemungkinan sedang mencari jalan keluar.

Yang menjadi favorit sekarang adalah pemimpin Partai Demokrat tengah-kiri Pier Luigi Bersani, eks komunis penghisap cerutu yang sementara menjanjikan untuk mengikuti reformasi Monti juga telah mengatakan dia akan berbuat lebih demi "lapangan pekerjaan dan persamaan hak".

Berlusconi dipaksa mundur pada November 2011 menyusul pemberontakan parlementer dari dalam partainya sendiri, serta gelombang kepanikan di pasar keuangan dan munculnya skandal seks.

Sebuah putusan terbayang terkait pengadilannya karena diduga membayar dengan imbalan seks dengan gadis 17 tahun ketika itu Karima El-Mahroug, seorang penari eksotis kelahiran Maroko yang hadir dalam beberapa pestanya ketika dia masih menjabat perdana menteri.

Dia juga dituduh melakukan penyalahgunaan kewenangan karena diduga telah menekan polisi untuk melepaskan Karima dari tahanan ketika dia tertangkap mencuri.

Berlusconi, yang menyangkal semua tuduhan, menghadapi hukuman beberapa tahun penjara. Namun akibat penundaan dalam sistem pengadilan dan garis besar penghukuman untuk mereka yang berusia lebih dari 70 tahun maka dia tidak bakal pernah melihat ruang dalam sel penjara bahkan apabila terbukti.

Monti, seorang mantan komisioner Eropa dan profesor ekonomi yang dihormati, dipilih oleh parlemen sebagai pengganti Berlusconi sebagai kepala pemerintahan teknokratis yang tidak dipilih, yang diberi tanggung jawab untuk menyelamatkan Italia dari ambang kebangkrutan.

Monti telah memerintah tahun silam dengan dukungan saling-silang partai di parlemen. Namun itu berakhir awal bulan ini ketika PDL menarik dukungannya, memajukan pemilu Februari yang diperkirakan pada Maret atau April.

Pada kongres lain di Roma Minggu, Giorgia Meloni, seorang pemimpin divisi kepemudaan PDL yang lebih kanan-tengah, mendekati keluar dari partai, mengatakan dia menentang keduanya baik Berlusconi maupun Monti.

"Monti bagi kami bukan yang diinginkan, dan pencalonan Berlusconi menjadi kesalahan," kata Meloni kepada para pendukung yang mengelu-elukan.

PDL dihinggapi pertarungan internal sejak Berlusconi turun, dan sejumlah legislator partai menjadi target serangkaian penyelidikan penggelapan dan penghamburan dana-dana publik.

Juga pada hari Minggu, Monti mengadakan pembicaraan tertutup dengan Presiden Giorgio Napolitano jelang apa yang mungkin menjadi minggu menentukan bagi kalender perpolitikan Italia.

Napolitano diperkirakan akan menanggapi situasi perpolitikan dalam sebuah pidato Senin, sedangkan Monti dijadualkan akan mengadakan konferensi pers akhir tahun Jumat.

Monti telah mengatakan, dia akan menyerahkan surat pengunduran dirinya segera sesudah parlemen menyetujui anggaran tahun depan. Pemungutan suara diperkirakan dalam beberapa hari mendatang.

Pemerintah akan tetap bertahan dalam kapasitas sebagai pengemban hingga pemilihan umum, yang kebanyakan pengamat perkirakan pada 17 Februari.

Menteri Kerja sama Internasional Andrea Riccardi, sekutu dekat Monti, mengatakan perdana menteri akan "merampas suara dari kaum tengah-kiri, sedikit dari kaum tengah-kanan tetapi terlebih dari absentism -- dia membuat orang ingin memberikan suara lagi." (K004)

Penerjemah: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012