Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Lingkungan Hidup memberikan penghargaan program Langit Biru 2012 kepada sebanyak sembilan pemerintah kota di Tanah Air yang dianggap mampu meningkatkan kualitas udara perkotaan.

Penghargaan untuk kategori Kota Metropolitan diberikan kepada Tangerang, Jakarta Selatan dan Medan. Sementara penghargaan untuk kategori Kota Besar diberikan kepada pemerintah kota Batam, Denpasar dan Manado.

"Program Langit Biru mendorong peningkatan kualitas udara perkotaan dari pencemaran udara yang bersumber dari kendaraan bermotor melalui penerapan transportasi berkelanjutan," kata Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya, di Jakarta, Senin.

Menurut Ketua Panitia Program Langit Biru, Sulistyowati, kendaraan bermotor dan kegiatan industri  merupakan sumber utama pencemaran karbon monoksida dan NO2 di udara.

"Di beberapa kota penurunan atau peningkatan konsentrasi pencemar CO dan NO2 terjadi cukup signifikan. Kami menyarankan untuk melakukan inventarisasi emisi," ujar Sulistyowati.

Pemberian penghargaan itu dilakukan berdasarkan hasil evaluasi kualitas udara perkotaan di 44 kota di 33 provinsi di Tanah Air sepanjang Maret-Oktober 2012.

Evaluasi antara lain dilakukan melalui survei pendapat pemangku kepentingan, pengisian formulir data kota, pemantauan kualitas udara jalan raya, pemantauan kualitas bahan bakar di SPBU, dan uji emisi kendaraan bermotor selama tiga hari pada 500 kendaraan pribadi per hari.

(I025)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2012