Jakarta (ANTARA) - Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang mengatakan semangat Islam Nusantara sejalan dengan inisiatif peradaban global.

"Semangat Islam Nusantara sejalan dengan inisiatif peradaban global dan memberikan kesempatan yang luas bagi kedua negara untuk meningkatkan pertukaran peradaban dan saling belajar," kata Lu Kang dalam acara tadarus peradaban dan buka puasa bersama di Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah, Jakarta Selatan, Jumat (14/4).

Bahkan, kata dia, studi Islam Nusantara yang didirikan oleh Pimpinan Lembaga Persahabatan Ormas Keagamaan (LPOK) Said Aqil Siradj memperlihatkan bagaimana nilai-nilai budaya Indonesia dapat dipertimbangkan dalam penafsiran Islam.

"Bahkan diindikasikan dengan Islam Indonesia," tambah Kang.

Baca juga: Said Aqil minta pemerintah RI dan Tiongkok wujudkan peradaban ekologis

Dia mengatakan bahwa sejarah pertukaran Islam antara Indonesia dengan China cukup panjang, mulai dari cerita Laksamana Cheng Ho yang menyebarkan agama Islam saat ekspedisi ke Nusantara hingga sebagian Wali Sanga yang merupakan ulama Islam keturunan China.

"Cerita-cerita semua ini mencerminkan semangat toleransi dan perkembangan budaya dari kedua negara," tuturnya.

Dia juga menyebut bahwa Presiden China Xi Jinping baru saja meluncurkan inisiatif peradaban global, bersamaan dengan seruan agar semua negara menghormati peradaban lain, serta mempertahankan semangat kesetaraan, saling belajar, dan dialog.

"Inisiatif peradaban global telah menyajikan solusi dari China untuk memajukan peradaban manusia secara bersama-sama," katanya.

Baca juga: Muhaimin dukung Luhut tolak China minta APBN jadi jaminan kereta cepat

Lu Kang pun menegaskan bahwa China dan Indonesia merupakan tetangga yang baik. Menurut dia, persahabatan antara rakyat adalah kunci untuk mengeratkan hubungan antarnegara.

"Mitra yang mesra dan saudara yang tulus," katanya.

Pihak China, kata dia, juga berharap dapat terus berkomunikasi dan bertukar pengalaman dengan dunia Islam, termasuk Indonesia, serta bersama-sama berusaha untuk mewujudkan perdamaian stabilitas dan kemakmuran dunia.

"China adalah sahabat ikhlas dunia Islam bersama-sama mempertahankan perdamaian dan pembangunan dunia serta keragaman budaya," ujar Lu Kang.

Pada 2022, Presiden Xi Jinping dan Presiden RI Joko Widodo saling berkunjung dan menetapkan arah untuk membangun komunitas senasib dan sepenanggungan.

Baca juga: Said Aqil harap relasi Indonesia-China jadi penyangga perdamaian dunia

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023