Jambi (ANTARA News) - Jalur teransportasi lintas Jambi menuju Kabupaten Kerinci terputus sekitar 10 jam ketika tanah longsor menimbun sebagian badan jalan di jalur tersebut.

"Longsor sedikitnya ada dua titik di Kecamatan Muara Emat, Kabupaten Kerinci. Akibatnya, terjadi macet 10 jam dari Kerinci menuju Kota Jambi dan sebaliknya," ujar Ramond, salah seorang sopir travel jurusan Jambi-Kerinci di Jambi, Senin.

Akibat kejadian itu, kata dia, terjadi antrian panjang kendaraan di sekitar kawasan longsor.

"Dari pukul 02.00 WIB dini hari tadi, baru pukul 12.00 WIB siang ini longsor baru bisa dibersihkan dan jalan bisa dilewati," katanya.

Menurut dia, alat berat yang diturunkan tidak bisa berbuat banyak. Selain karena ada dua titik longsor di lokasi berbeda alat berat yang diturunkan juga hanya dua unit.

Sebelumnya, juru bicara Polda Jambi AKBP. Almansyah mengatakan, Kepolisian dari Resor Merangin dan Kerinci sudah diturunkan untuk membantu mengatasi bencana longsor tersebut.

"Petugas kepolisian sudah berada di lokasi kejadian longsor untuk melakukan evakuasi jalur dan mengatur lalu lintas yang macet akibat longsor," katanya.

Tindakan yang diambil saat ini oleh kepolisian adalah berkoordinasi dengan instansi terkait dan polisi menurunkan anggota Polsek Batang Merangin, anggota Dalmas dan Lantas Polres Kerinci untuk membantu masyarakat menggeser tanah bekas longsor serta mengatur lalu lintas yang macet akibat bencana.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jambi, Zubaidi mengatakan, di lokasi longsor sudah dilakukan upaya pembersihan material longsor.

"Sebelumnya memang sudah disiapkan alat berat jauh jauh hari. Dan saat ini sudah dibersihkan dan bisa dilewati," katanya.

(KR-BS)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012