Ini film yang bagus, saya sangat menikmati menontonnya,"
Jakarta (ANTARA News) - Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, di Jakarta, Senin, mengaku sangat menikmati film "Habibie & Ainun" yang berkisah tentang perjalanan cinta Presiden ketiga Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie dan istrinya Hasri Ainun Besari.

"Ini film yang bagus, saya sangat menikmati menontonnya," kata Anwar Ibrahim seusai pemutaran perdana film tersebut.

Menurut Anwar, film itu sangat menyentuh perasaan dan merupakan tontonan yang baik karena banyak mengandung ajaran yang baik.

Ia juga menyebut Habibie sebagai suami dan kepala negara yang hebat. Kehadiran Anwar Ibrahim petang itu bersama keluarga besarnya atas undangan langsung Habibie.

"Saya dan keluarga berkunjung kemari atas undangan Habibie, kami kenal pribadi keluarga Habibie. Saya datang khusus untuk itu," katanya.

Anwar membawa serta istrinya, putri dan menantunya serta delapan orang cucunya untuk menyaksikan film itu.

Dalam film berdurasi lebih kurang dua jam itu, aktor Reza Rahadian yang memerankan BJ Habibie dan penyanyi Bunga Citra Lestasi yang memerankan Ainun Habibie melakonkan perjalanan cinta pasangan itu semenjak bertemu kembali di Bandung pada 1962 hingga ke akhir hayat Ainun pada 2010.

Tidak sedikit tamu undangan yang menitikkan air mata saat menyaksikan film tersebut tak terkecuali Presiden Yudhoyono, terutama dalam 12 menit terakhir yang menggambarkan kesetiaan Habibie mendampingi Ainun melakukan sembilan kali operasi di Jerman saat berjuang melawan sel kanker yang telah menyebar di tubuh ibu dua putra itu.

Sekalipun film yang diadaptasi dari buku berjudul sama itu dimaksudkan untuk menggambarkan perjalanan cinta mantan pasangan nomor satu Indonesia, Habibie dan Ainun, namun film itu bukanlah murni sebuah film drama percintaan.

Hampir sebagian besar film justru berkisah tentang perjuangan Habibie untuk mengabdi ke negaranya. Dan Ainun lebih diposisikan sebagai pendamping hidup yang setia mendampingi suaminya dalam setiap keputusan yang diambilnya.

Presiden Yudhoyono menyaksikan film itu bersama dengan Ibu Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono, Ibu Herawati Boediono, mantan Wakil Presiden Try Soetrisno dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II antara lain Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menlu Marty Natalegawa, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari E Pangestu.

(G003/R010)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012