Jakarta (ANTARA) - Persija Jakarta menutup musim kompetisi Liga 1 2022/2023 dengan kemenangan 5-0 atas tamunya PSS Sleman, pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu malam WIB.

Dengan kemenangan tersebut, Macan Kemayoran memastikan diri mengunci peringkat kedua di klasemen Liga 1 dengan koleksi 66 poin. Persija unggul empat poin dari pesaing terdekat Persib Bandung, yang berada di peringkat ketiga dengan 62 poin.

Pertandingan baru berusia tiga menit saat Persija membuka keunggulan. Upaya WItan Sulaeman memotong serangan PSS kemudian diikuti dengan umpan tertuju kepada Michael Krmencik, yang dengan mudah menyelesaikan peluang menjadi gol pembukaan.

PSS berupaya segera bangkit. Mereka mendapat peluang bagus melalui tendangan Wahyu Sukarta yang masih dapat ditahan kiper Persija Andritany Ardhyasa.

Baca juga: Persija akan turunkan tim terbaik saat menjamu PSS Sleman

Krmencik kemudian kembali mengancam gawang tim tamu. Kali ini sepakannya memanfaatkan umpan Riko Simanjuntak masih melebar dari gawang PSS.

Penyerang asal Ceko itu lagi-lagi gagal memanfaatkan peluang bagus. Dari situasi serangan balik, sepakan penyelesaian yang dilepaskan Krmencik membentur tiang kanan gawang M. Ridwan.

Pada menit ke-26 Krmencik menebus dua kesalahan tersebut. Memanfaatkan umpan silang Rio Fahmi, bola yang tertuju kepadanya langsung ditanduk oleh Krmencik untuk membawa Persija memimpin 2-0.

Tidak berhenti di situ, Krmencik kembali memiliki peluang bagus beberapa menit kemudian. Tetapi kali ini tembakannya melebar ke sisi kanan gawang PSS. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan dua gol bagi tuan rumah.

Baca juga: Doll harapkan atmosfer laga penutup Persija seperti Liga Champions

Setelah turun minum, tepatnya pada menit ke-48, Persija mendapatkan hadiah penalti, akibat pelanggaran yang dilakukan pemain PSS di kotak terlarang.

Witan yang menjadi eksekutor gagal menunaikan tugasnya dengan sempurna, namun ia sigap menyambar bola pantul yang ditepis kiper Ridwan untuk dikonversi menjadi gol ketiga Persija.

Krmencik lantas memiliki peluang untuk mengukir trigolnya di laga ini. Dari bola kiriman kiper Cahya Supriadi yang baru dimasukkan, Krmencik melepaskan tembakan yang tidak akurat.

Gol keempat Persija baru tercipta pada menit ke-88. Dari sebuah skema serangan balik, Aji Kusuma bergerak cepat untuk masuk ke kotak penalti PSS dan mengakhirinya dengan sepakan setelah sempat mengecoh kiper Ridwan.

Pesta Persija semakin nyata ketika Krmencik akhirnya mampu mencatatkan trigol. Menerima bola terobosan, Krmencik melepaskan sepakan yang tidak terlalu keras, namun hal itu sudah cukup untuk mengecoh kiper PSS dan membuat bola kembali bersarang di gawang tim tamu.

Daftar susunan pemain:

Persija Jakarta: Andritany Ardhyasa (Cahya Supriadi 85'), Rio Fahmi, Firza Andika, Ondrej Kudela, Muhammad Ferrari, Hanif Sjahbandi, Hansamu Yama (Tony Sucipto 60'), Resky Fandi(Doni Tri Pamungkas 60'), Riko Simanjuntak, Witan Sulaeman.

PSS Sleman: M. Ridwan, Ibrahim Sanjaya, Purwaka Yudi, Riki Dwi Saputro (Derry Rachman 69'), Wahyu Sukarta, Marckho Merauje, Kim Jeffrey Kurniawan, Rifky Suryawan (Rachmad Hidayat 59'), Muhammad Fariz, Todd Ferre, Ricky Cawor.

Baca juga: Persib tutup musim di peringkat ketiga usai takluk 1-4 dari Persikabo

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023