Hari ini, kami telah memberangkatkan tiga bus ke Jakarta. Bagi pemudik asli warga Kabupaten Batang disarankan agar berkumpul di satu titik agar memudahkan penjemputan
Batang, Jateng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, memberangkatkan tiga bus untuk menjemput warga setempat yang bekerja di Jakarta secara gratis pada program mudik Lebaran (Idul Fitri) 1444 Hijriah/ 2023, Ahad (17/4).

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batang Dwi Riyanto di Batang, Ahad mengatakan bahwa pemkab melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) telah mengalokasikan dana sebesar Rp50 juta pada program mudik Lebaran 2023 secara gratis.

"Hari ini, kami telah memberangkatkan tiga bus ke Jakarta. Bagi pemudik asli warga Kabupaten Batang disarankan agar berkumpul di satu titik agar memudahkan penjemputan," katanya.

Menurut dia jumlah pemudik yang sudah terdaftar pada program mudik gratis sebanyak 150 orang sehingga masing-masing bus akan diisi 50 penumpang.

Namun sebelum bus diberangkatkan ke Jakarta, kata dia, pihaknya telah melakukan inspeksi keselamatan (ramp check) pada kendaraan umum tersebut.

"Tindakan inspeksi keselamatan ini bertujuan supaya kondisi kendaraan yang digunakan untuk mengangkut pemudik benar-benar kondisinya aman, nyaman, dan bagus selama dalam perjalanan," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan mengecek kondisi kesehatan pengemudi maupun pendampingnya serta perlengkapan surat sah kendaraan yang dibawa untuk menjemput pemudik di Jakarta.

"Kami memperkirakan bus sampai di Jakarta pada Ahad petang dan berangkat dari Jakarta menuju Kabupaten Batang pada pukul 10.00 WIB. Kami memperkirakan, Senin (17/4) sekitar pukul 16.30 WIB sudah sampai di Batang," demikian Dwi Riyanto.

Baca juga: Jasamarga Semarang Batang siapkan enam pengisian e-Toll untuk pemudik

Baca juga: Lalu lintas kendaraan di jalur pantura Pekalongan-Batang ramai lancar

Baca juga: Sebanyak 636.418 kendaraan arus mudik akan masuk Gerbang Kalikangkung

Baca juga: Kendaraan pribadi padati jalur Alas Roban Batang

Pewarta: Kutnadi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023