Jakarta (ANTARA) - Pebalap Charles Leclerc menegaskan bahwa dia dan Ferrari "sepenuhnya termotivasi" untuk membuat musim 2023 bergerak ke arah yang lebih baik, dan berharap mereka dapat mempersiapkan dengan matang jelang balapan Grand Prix Azerbaijan, akhir April nanti.

Leclerc, dikutip dari laman resmi Formula 1, Minggu, mengatakan jeda waktu yang jauh antara GP Australia dan Azerbaijan diharapkan dapat membuat tim lebih solid untuk menyempurnakan mobil mereka.

"Saya pikir dalam situasi kami sebagai tim, kami mengambil ini sebagai kesempatan untuk bekerja sebanyak mungkin selama jeda ini, untuk mendapatkan peningkatan secepat mungkin dan menjadi sekompetitif yang kami inginkan di musim ini," kata Leclerc.

Ferrari memang mengawali musim dengan berat pada GP Bahrain, GP Arab Saudi, dan GP Australia. Perjalanan mereka yang menantang itu membuat tim pabrikan Italia tersebut berada jauh di urutan keempat dalam klasemen konstruktor dan terpaut hampir 100 poin dari tim pemimpin, Red Bull.

"Ini masih musim yang sangat, sangat panjang. Kami sepenuhnya termotivasi untuk kembali ke puncak dan kami akan mencoba menggunakan pekan-pekan ini (sebelum Azerbaijan) sebaik mungkin," ujar Leclerc.

Baca juga: Ferrari harap penalti Sainz di GP Australia dapat dicabut

Penampilan Leclerc pada tiga balapan pertama tahun 2023 sangat kontras dengan tahun 2022, ketika ia meraih dua kemenangan dan finis kedua untuk mempertahankan keunggulan awal kejuaraan dengan 34 poin.

Sekarang dia duduk di urutan ke-10 dalam klasemen pebalap dengan hanya enam poin saja yang berhasil ia kumpulkan. Pebalap Monako itu juga sempat mengalami beberapa insiden, hingga masalah teknis pada mobil yang ia kendarai.

"Kami tahu (pencapaian baik) pada tahun lalu, dan sekarang ini semua adalah tentang fokus pada apa yang bisa kami lakukan lebih baik untuk meningkat dan kembali ke level (terbaik). Kami tahu di mana kami harus bekerja dan sekarang kami hanya perlu mewujudkannya," kata Leclerc.

Saat disinggung soal bagian mana yang harus disoroti oleh Ferrari, Leclerc menilai saat ini yang diperlukan adalah mobil yang solid di segala kondisi.

"Sejujurnya, ini hanya untuk mencoba dan memiliki mobil yang lebih solid di segala kondisi. Kami perlu (bekerja) lebih baik untuk itu," ujarnya.

Baca juga: Verstappen juarai GP Australia, Hamilton rebut posisi kedua

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023