Gelora Mochamad Toha sangat tepat untuk Stadion Gedebage. Nama itu tidak perlu diperdebatkan lagi, Mochammad Toha adalan spirit warga Bandung dan Jawa Barat,"
Bandung (ANTARA News) - Nama pahlawan asal Bandung Selatan, Mochamad Toha, sangat ideal dan menjiwai untuk menamai Stadion Gedegabe, kata Ketua Umum KONI Jawa Barat H Azis Syarif di Bandung, Selasa.

"Gelora Mochamad Toha sangat tepat untuk Stadion Gedebage. Nama itu tidak perlu diperdebatkan lagi, Mochammad Toha adalan spirit warga Bandung dan Jawa Barat," kata H Azis Syarif.

Ia mengaku tidak kompeten untuk menetapkan nama itu, namun sebagai pengurus olahraga di Jawa Barat merasa terpanggil untuk memberikan masukan bagi nama stadion dan kompleks olahraga yang berlokasi di kawasan Kota Bandung bagian timur itu.

Menurut Azis, nama Mochammad Toha tidak perlu diperdebatkan lagi dan terlalu naif untuk memperdebatkan nama pahlawan dari Bandung Selatan itu, yang menjadi spirit bagi perjuangan masyarakat Jawa Barat khususnya di Kota Bandung.

"Saya kira nama Mochamad Toha tidak perlu diperdebatkan lagi, namun perlu `kerelaan` dari sejumlah pihak terkait untuk memberikan nama itu. Tidak perlu sayembara dan itu akan lebih terhormat bagi kita semua yang hidup di generasi saat ini," kata Azis Syarif.

Menurut Azis Syarif, nama Gelora Mochamad Toha merupakan nama megah dan lambang spirit bagi pejuang dan juga olahragawan pejuang Jawa Barat.

"Bila disebut nama Mochamad Toha, hati ini langsung berdegup dan semangat berkobar. Saya yakin Gelora Mochamad Toha telah menjadi `ketentuan` yang harus bisa diterima semua fihak," kata Azis Syarif.

Terkait kemungkinan dinamai oleh nama olahragawan terbaik Jawa Barat, menurut Azis Syarif sangat memungkinkan. Namun ia tidak melihat adanya yang lebih tepat dibanding nama Mochamad Toha.

"Bisa saja dinamai oleh nama olahragawan, namun bisa menimbulkan kecemburuan cabang olahraga lainnya. Saya kira nama itu tak perlu diargumentasikan lagi, sudah suratan untuk stadion itu," kata Azis Syarif menambahkan.

(S033/Y003)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012