Jakarta (ANTARA News) - Sekitar dua miliar penduduk dunia pernah terinfeksi virus Hepatitis, sebagaimana dikatakan oleh perwakilan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Subdit Diare dan ISP Kementerian Kesehatan, Yulita Efarina.

Diperkirakan 240 juta di antaranya menderita Hepatitis B kronik dan sekitar 170 juta menderita Hepatitis C kronik," ujar Yulita pada diskusi di Jakarta, Rabu.

Yulita juga menekankan bahwa angka tersebut menandakan eradikasi Hepatitis di dunia belum sepenuhnya terselesaikan, sehingga masalah ini menjadi masalah global.

"Kemenkes selama ini juga melakukan beragam upaya eradikasi Hepatitis di Indonesia, serta upaya memperluas akses pengobatan hepatitis bagi masyarakat yang terinfeksi," ujar Yulita.

Berdasarkan data Surveilans Nasional Hepatitis C Direktorat Jenderal P2PL pada Oktober 2007 - September 2009, diperkirakan sekitar dua persen populasi Indonesia atau 3,4 juta penduduk telah terinfeksi virus Hepatitis C.

Data ini dihimpun dari 123 unit pelaporan di 21 propinsi Indonesia. Pada 2008 dilaporkan adanya 7.235 kasus positif Hepatitis C dari 21 provinsi. Tiga provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

(M048)

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012