Jakarta (ANTARA) - Pebalap Red Bull Max Verstappen mengakui Fernando Alonso (Aston Martin) sebagai rival yang paling kompetitif untuk Formula 1 musim 2023.

Verstappen menilai, Alonso pantas mendapatkan lebih banyak kemenangan di F1 dan mendukung sang pebalap veteran untuk mengklaim kemenangan ke-33 pada kariernya, serta mengakhiri paceklik kemenangan selama satu dekade.

"Saya pikir Fernando seharusnya bisa memenangkan lebih banyak balapan daripada yang dia raih sekarang ini. Menurut saya dia pantas mendapatkan lebih banyak lagi. Saya akan sangat senang melihatnya meraih kemenangan ke-33-nya, tapi saya juga ingin melihatnya menang lebih banyak. Jadi, kita lihat saja di balapan-balapan mendatang," ujar Verstappen, dikutip dari laman resmi F1, Selasa.

Baca juga: Menerjang hujan, Alonso pimpin sesi latihan kedua di GP Australia

Lebih lanjut, keyakinan sang juara bertahan itu pun bukan tanpa alasan, mengingat keduanya telah berbagi podium bersama di tiga balapan pembuka musim ini, dengan Alonso yang finis ketiga di tiga Grand Prix sepanjang tahun ini.

Pebalap Belanda itu juga percaya bahwa jika Alonso terus mempertahankan performa baiknya, ia dan Aston Martin akan dapat melaju lebih jauh lagi di kompetisi pada musim ini.

Kebangkitan Alonso baru-baru ini juga telah menciptakan kegembiraan yang berkembang di antara para penggemar, terutama di Spanyol, bahwa ia dapat memastikan kemenangan pertamanya sejak Grand Prix Spanyol 2013 – ketika ia membalap untuk Ferrari.

Dukungan untuk Alonso juga datang dari petenis Spanyol Carlos Alcaraz yang dengan terang-terangan menandatangani kamera dengan tulisan "33 soon" usai ia memenangkan pertandingan babak 16 besar Miami Open.

"Sungguh gila melihat bagaimana Spanyol sekarang begitu antusias lagi untuk Formula 1 dan untuk semua yang terjadi. Jadi, ini sangat, sangat bagus untuk dilihat. Dan semoga mereka juga menikmati podium ini. Saya pikir di Barcelona, ini akan menjadi hal besar tahun ini," kata Alonso.

"Semua klub sepak bola, atau pesepak bola, dan sekarang tenis, atau apa pun, dan mereka semua melakukan sesuatu dengan 33. Jadi, mudah-mudahan kami dapat mencapai angka itu dalam hal kemenangan – dan kemudian kami meraih (kemenangan) ke-34," tutupnya.

Baca juga: Verstappen juarai GP Australia, Hamilton rebut posisi kedua
Baca juga: Alonso yakin bisa kembali tampil optimal di GP Arab Saudi

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023