Jakarta (ANTARA/JACX) - Mantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi.

Terkait Rafael Alun, muncul kabar yang mengarah pada selebritas berinisial R dan diduga terlibat kasus pencucian uang mantan pejabat di Ditjen Pajak itu.

Sebuah unggahan YouTube berdurasi sembilan menit mengklaim bahwa rumah Raffi Ahmad digeledah KPK menyusul kasus pencucian uang Rafael Alun.

Foto sampul unggahan itu tersebut menunjukan Raffi Ahmad dan sang istri, Nagita Slavina, beserta oleh beberapa orang yang mengenakan rompi bertuliskan "KPK."

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“KPK GELEDAH RUMAH RAFI AHMAD

MENGEJUTKAN || BUNTUT PENCUCIAN UANG KPK TEMUKAN BB INI, NITA HANYA BISA NANGIS”

Namun, benarkah bahwa KPK geledah rumah Raffi Ahmad buntut kasus pencucian uang Rafael Alun?

Unggahan video hoaks yang menyatakan rumah Raffi Ahmad digeledah KPK karena terlibat kasus pencucian uang Rafael Alun. Faktanya, tidak ada informasi resmi lanjutan mengenai artis berinisial 'R' yang diduga terlibat kasus Rafael Alun. (YouTube)
Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, unggahan video tersebut tidak menyatakan bahwa Raffi Ahmad diperiksa KPK ataupun terlibat kasus yang menjerat Rafael Alun.

Dalam video tersebut, narator membacakan artikel Tribunnews dengan judul “Kena Apes, Raffi Ahmad Pasrah Perusahaannya Diperiksa Ulah Tudingan Pencucian Uang,Suami Gigi Santai”.

Konten tersebut menjelaskan tanggapan Raffi Ahmad karena disebut-sebut oleh sejumlah pihak terkait kasus pencucian uang Rafael.

Dalam wawancara dengan media lain, Raffi Ahmad juga menegaskan tidak pernah terlibat kasus Rafael Alun dan bahkan tidak kenal dengan tersangka.

Raffi mempersilakan pihak berwenang untuk memeriksa kebenaran dugaan keterkaitnya dengan Rafael Alun, termasuk keterkaitan perusahaan miliknya.

Hingga pertengahan April, dugaan artis berinisial R yang terlibat kasus pencucian uang Rafael Alun belum diungkapkan oleh pihak berwenang.

Klaim: Raffi Ahmad terlibat kasus korupsi Rafael Alun
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Video orang tua AG bersujud agar dibebaskan

Cek fakta: Hoaks! Presiden Jokowi non-aktifkan KPK

Baca juga: Imigrasi cekal keluarga Rafael Alun ke luar negeri

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023