Jakarta (ANTARA) -
Mahkamah Agung (MA) melantik Filianingsih Hendarta sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2023-2028.
 
"Berdasarkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 21/P/2023 tanggal 15 Maret 2023, Filianingsih Hendarta telah diangkat sebagai Deputi Gubernur BI," kata Wakil Ketua MA Bidang Yudisial Sunarto dalam Upacara Pengucapan Sumpah/Janji Jabatan Filianingsih Hendarta sebagai Deputi Gubernur BI yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa.

Sebelum dilantik menjadi Deputi Gubernur BI, Sunarto meminta Filianingsih mengucapkan sumpah menurut agama yang dianut.

Pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan Surat Keppres Nomor 21/P/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Deputi Gubernur BI.

Keppres itu berisi pemberhentian dengan hormat Dody Budi Waluyo sebagai Deputi Gubernur BI terhitung sejak 18 April 2023, disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya selama memangku jabatan tersebut.

Kemudian, Keppres turut mengangkat Filianingsih Hendarta sebagai Deputi Gubernur BI mulai tanggal pengucapan sumpah atau janji.

Adapun pelantikan dilakukan setelah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui Filianingsih Hendarta menjadi Deputi Gubernur BI periode 2023-2028 usai menerima dan menyampaikan persetujuan terhadap laporan Komisi XI atas hasil uji kelayakan dan kepatutan Calon Deputi Gubernur BI.

"Seluruh dewan mengucapkan selamat kepada Calon Deputi Gubernur BI, semoga dapat menjalankan tugas dengan tanggung jawab dan amanah," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dalam Rapat Paripurna di Gedung DPR RI yang dipantau dalam jaringan di Jakarta, Selasa (14/2).

Rapat Paripurna ke-16 DPR RI Masa Persidangan III Tahun Sidang 2022-2023 memberikan persetujuan terhadap hasil uji kelayakan dan kepatutan calon deputi gubernur BI.

Filianingsih mengawali karier di Bank Sentral pada 1986. Ia menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran sejak 2019. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter (2013-2015) dan Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial (2015-2019).

Perempuan yang lahir di Surabaya pada 1963 itu menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Hukum di Universitas Airlangga pada 1985. Ia mendapatkan gelar master di bidang ekonomi dan keuangan dari Universitas Boston di Amerika Serikat pada 1992.
 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023