Yogyakarta (ANTARA) - Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat melaksanakan perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah pada 22 April 2023 mengacu pada penanggalan Jawa Islam.

Penghageng II Kawedanan Rekso Suyoso Keraton Yogyakarta KRT Kusumonegoro di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa, mengatakan bahwa tanggal 22 April 2023 bertepatan dengan 1 Sawal Tahun Ehe 1956.

"Kalender keraton itu sudah ada aturannya, untuk pasa (puasa) di keraton itu mesti 30 hari, untuk pasa tahun ini berakhir pada tanggal 21 April, artinya hari Sabtu, 22 April, jatuh bertepatan dengan 1 Sawal Tahun Ehe 1956," kata Kusumonegoro.

Namun, dia mengatakan, penanggalan tersebut tidak digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan ritual keagamaan seperti shalat Idul Fitri di lingkungan keraton.

"Tidak berkaitan dengan ritual keagamaan, tapi terkait ritual sungkeman maupun prosesi gunungan (Grebeg Syawal)," kata dia.

Keraton Ngayogyakarta akan menandai pelaksanaan perayaan Idul Fitri pada Sabtu (22/4) dengan menyelenggarakan Grebeg Syawal, arak-arakan gunungan, serta acara ngabekten yang merupakan tradisi turun temurun di lingkungan keraton sejak zaman Panembahan Senopati.

Hajad Dalem Ngabekten yang dilaksanakan dua hari pada Sabtu (22/4) dan Minggu (23/4) bersifat tertutup.

Ngabekten, tradisi sungkeman di Keraton Yogyakarta pada Hari Raya Idul Fitri, biasanya diikuti oleh kepala daerah kabupaten/kota, sentana dalem/kerabat, dan abdi dalem keraton.

Meski menetapkan Lebaran bertepatan dengan 22 April 2023, Kusumonegoro mengatakan, Keraton Yogyakarta mengizinkan penggunaan Alun-alun Selatan Keraton Yogyakarta untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri pada 21 April 2023.

Izin penggunaan Alun-alun Selatan Keraton Yogyakarta untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri tertuang dalam surat Nomor 0152/KH.PP/Ruwah.III/EHE.1956.2023 yang dikeluarkan oleh Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura, GKR Condrokirono.

Surat itu dikeluarkan untuk menjawab permohonan izin pinjam Alun-alun Selatan Keraton Yogyakarta yang diajukan oleh Panitia Hari Besar Islam Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta, untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah pada Jumat, 21 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Baca juga:
Muhammadiyah Pekanbaru siapkan 15 lokasi Shalat Idul Fitri
Pekalongan dan Sukabumi izinkan penggunaan fasilitas umum untuk Shalat Id

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023