Jakarta (ANTARA) - Chelsea bakal menghadapi Real Madrid dalam pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions atau UEFA Champions League (UCL) di stadion Stamford Bridge, Rabu dini hari WIB.

Tim tuan rumah Chelsea harus mengejar defisit dua gol setelah pada leg pertama takluk 0-2 di Stadion Santiago Bernabeu (13/4).

Pelatih interim Chelsea Frank Lampard optimistis timnya dapat membalikkan keadaan melawan Los Blancos karena memperoleh keuntungan dukungan suporter.

Namun The Blues dalam kondisi yang inkonsisten selama musim ini setelah pergantian kursi kepelatihan dari Thomas Tuchel, Graham Potter dan kini pelatih interim Frank Lampard.

Baca juga: Lampard bangun kepercayaan diri pemainnya jelang lawan Real Madrid

Dalam enam pertandingan terakhir di semua kompetisi, Chelsea belum pernah menang, dua hasil imbang dan menelan empat kekalahan. Lini depan klub London itu juga tumpul karena hanya menciptakan tiga gol di enam pertandingan tersebut.

Terbaru, Chelsea kalah dari Brighton & Hove Albion 1-2 dalam lanjutan laga Premier League (15/4).

Di sisi lain El Real baru saja memetik kemenangan 2-0 dari Cadiz dalam pertandingan LaLiga (16/4).

Namun Real Madrid musim ini tampil tidak terlalu impresif setelah berpeluang kecil juara LaLiga karena terpaut 11 poin dari pemuncak klasemen Barcelona juga kehilangan trofi Piala Super Spanyol setelah kalah dari El Barca pada Januari lalu.

Baca juga: Lampard bangun kepercayaan diri pemainnya jelang lawan Real Madrid

Dalam lima laga terakhir antara Chelsea melawan Real Madrid, The Blues memperoleh dua kali kemenangan, satu kali seri dan dua kali kekalahan.

Di atas kertas Real Madrid jauh diunggulkan untuk melaju ke semi final dibandingkan Chelsea. Los Galacticos hanya perlu hasil imbang untuk memastikan tiket lolos.

Selain itu musim lalu Real Madrid bisa berbuat banyak di Stamford Bridge dengan meraih kemenangan 3-1. Catatan tersebut menjadikan Real Madrid menjadi satu-satunya tim yang dua kali menang laga tandang melawan Chelsea di Liga Champions.

Catatan lainnya yaitu Real Madrid lolos ke babak semi final sebanyak sepuluh kali dalam 12 musim terakhir.

Baca juga: Lampard percaya timnya raih kemenangan meski baru kalah dari Brighton

Komentar pelatih jelang pertandingan

Pelatih Chelsea Frank Lampard:
"Segalanya mungkin dalam sepak bola dan tidak diragukan lagi bahwa kami adalah tim yang kompetitif dan kami pantas berada di sini pada tahap kompetisi ini," kata Lampard dalam konferensi pers sebelum pertandingan melansir laman resmi klub, Selasa.

Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti:
“Kami dalam kondisi bagus, termotivasi seperti biasa. Ini adalah pertandingan penting dalam kompetisi besar. Kami fokus pada fakta bahwa kami harus memberikan penampilan terbaik. Masih ada 90 menit untuk dimainkan dan apapun bisa terjadi. Kami akan siap untuk bermain sebaik mungkin,” kata Ancelotti dalam konferensi pers sebelum pertandingan melansir laman resmi klub, Selasa.

Baca juga: Guardiola waspadai Bayern Muenchen meski dilanda konflik internal

Pemain kunci

N'Golo Kante
Chelsea berharap banyak pada performa gelandang bertahan N'Golo Kante sekembalinya dari cedera hamstring yang membuat Kante menepi selama tujuh bulan. Kante diharapkan bisa mengulang performanya melawan Real Madrid pada musim 2020/2021 yang berhasil membuat mati kutu gelandang Real Madrid Toni Kroos dan Luka Modric.

Karim Benzema
Real Madrid bergantung pada Benzema di lini depan dalam tiga musim terakhir. Di awal musim ini pemain peraih Ballon D'or 2022 itu kerap dilanda masalah kebugaran yang berimbas ke performa El Real yang kurang impresif. Namun Benzema kini telah bugar dan tampil menjanjikan dalam lima laga terakhir dengan mencatatkan tujuh gol.

Baca juga: Real Madrid ke final Copa del Rey usai permalukan Barcelona 4-0

Prediksi susunan pemain

Chelsea dipastikan tidak diperkuat oleh sejumlah pemain seperti Kalidou Koulibaly yang mengalami cedera hamstring, Armando Broja yang cedera lutut dan Ben Chilwell yang terkena hukuman akumulasi kartu merah saat di leg pertama perempat final.

Di sisi lain, Real Madrid bakal diperkuat dengan Toni Kroos dan Vinicius Junior setelah kembali dari cedera otot. Praktis hanya bek Ferland Mendy yang masih absen di perempat final.

Chelsea (4-3-3); Kepa Arrizabalaga (GK), Reece James, Wesley Fofana, Thiago Silva, Marc Cucurella, N'Golo Kante, Enzo Fernandez, Mateo Kovacic, Raheem Sterling, Joao Felix, Mykhailo Mudryk.

Real Madrid (4-3-3) Thibaut Courtois (GK), Dani Carvajal, Eder Militao, David Alaba, Eduardo Camavinga, Luca Modric, Aurellien Tchouameni, Toni Kroos, Fede Valverde, Karim Benzema, Vinicius Junior.

Baca juga: Kapten Napoli klaim percaya diri hadapi laga kedua lawan AC Milan

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023