Sepuluh persen saja alumni IPB menjadi wirausahawan tentu efeknya luar biasa. Mereka dapat membantu beban pemerintah dengan membuka lapangan kerja baru,"
Bogor (ANTARA News) - Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Pengembangan IPB Prof Hermanto Siregar mengharapkan sebanyak 10 persen alumni IPB menjadi wirausaha.

"Sepuluh persen saja alumni IPB menjadi wirausahawan tentu efeknya luar biasa. Mereka dapat membantu beban pemerintah dengan membuka lapangan kerja baru," katanya di Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Karena itu, pihaknya mendukung berbagai kegiatan Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni IPB yang mendatangkan praktisi wirausaha untuk memberikan pengalaman.

Sementara itu, dalam acara Studium Generale "Pembekalan Pra Wisuda" di Kampus Darmaga, dihadirkan alumni IPB yang juga pendiri Misterblek Kopi, Basri Adhi.

Dalam kesempatan itu, Basri Adhi menyatakan bahwa skripsi mahasiswa ternyata bisa menjadi sumber inspirasi dalam berwirausaha.

"Kalau anda ingin mendapatkan ide-ide kreatif, silakan datangi perpustakaan. Seluruh skripsi di perpustakaan IPB dapat menjadi peluang usaha," katanya.

Ia mengaku mendapatkan formula terbaik Misterblek Kopi setelah mempelajari skripsi salah seorang mahasiswa Teknologi Pertanian IPB.

Kemudian, setelah lulus kuliah, mantan awak Redaksi Buletin Katalis, Fakultas Teknologi Pertanian IPB itu bekerja di bidang jurnalistik dan berhasil.

Selama hampir 10 tahun berkarir di media nasional dan mencapai posisi General Manager Marketing, ia kemudian mulai mencoba berwirausaha.

"Saya capai menjadi pegawai, dan ingin memulai usaha sendiri," kata alumni Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB itu.

Ia mencoba berbagai bisnis, mulai ternak bebek, membuat majalah sendiri dan sebagainya, namun tidak bertahan lama alias gagal total.

Dengan pengalamannya itu, Basri mengimbau bagi alumni yang ingin menjadi wirausahawan, agar berlatih sejak dini.

"Bila perlu, para wisudawan baru membuat resolusi hidup atau cita-cita. Hal ini supaya mempunyai tujuan dan mimpi yang jelas," katanya.
(A035/R010)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012