Moskow (ANTARA) - Rubel Rusia melemah terhadap dolar pada awal perdagangan Rabu, menunggu dampak dari periode pajak akhir bulan yang menguntungkan untuk membantu memperkuatnya dan menjelang dua lelang obligasi pemerintah OFZ oleh kementerian keuangan.

Pada pukul 08.01 GMT, rubel melemah 0,2 persen terhadap dolar menjadi diperdagangkan pada 81,58 dan tidak berubah diperdagangkan pada 89,39 versus euro. Mata uang Rusia itu menguat 0,3 persen terhadap yuan China menjadi diperdagangkan pada 11,81.

Rubel diharapkan mendapat dukungan dari pembayaran pajak akhir bulan yang biasanya menyebabkan eksportir mengubah pendapatan mata uang asing untuk memenuhi kewajiban lokal. Pajak tersebut jatuh tempo pada 28 April dan sejauh ini pengaruh faktor ini terhadap rubel terbatas, kata analis Bank St Petersburg dalam sebuah catatan.

"Dengan latar belakang ini, nilai tukar dolar-rubel kemungkinan akan tetap di atas 81 dengan potensi untuk bergerak di bawah level ini pada awal minggu depan."

Mata uang Rusia juga akan mendapatkan dorongan tertunda dari harga minyak yang lebih tinggi bulan ini, yang berarti pendapatan ekspor yang lebih tinggi.

Minyak mentah Brent, patokan global untuk ekspor utama Rusia, turun 1,2 persen menjadi 83,8 dolar AS per barel pada Selasa (18/4/2023) tetapi masih jauh di atas level yang terlihat pada akhir Maret di bawah 80 dolar AS per barel.

Indeks saham Rusia lebih tinggi. Indeks RTS berdenominasi dolar menguat 0,4 persen menjadi diperdagangkan pada 1.014,4 poin. Indeks MOEX Rusia berbasis rubel diperdagangkan 0,5 persen lebih tinggi pada 2.627,8 poin, memperbarui level tertinggi lebih dari satu tahun.

"Kesan berkembang bahwa investor menggunakan alasan apa pun untuk mengaktifkan pembelian, sama sekali mengabaikan fakta bahwa pasar sedang overbought," kata Alexei Antonov dari Alor Broker.

Dia mengatakan rumor tentang gelombang kedua mobilisasi telah gagal menurunkan pasar dan perkiraan pertumbuhan ekonomi yang optimis tahun ini mendukung saham Rusia.

Baca juga: Dolar AS raih kembali pijakannya di sesi Asia karena imbal hasil naik
Baca juga: Yuan terdongkrak 83 basis poin menjadi 6,8731 terhadap dolar AS
Baca juga: Saham Eropa dibuka melemah jelang laporan data inflasi Maret

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023