Jakarta (ANTARA News) - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) berjanji akan meningkatkan sistem keamanan domain Indonesia, .id, pada 2013.

"Isu-isu terkait kemanan domain akan terus berkembang pada 2013 seiring dengan ancaman serangan siber di wilayah Timur Tengah," kata Wakil Ketua PANDI, John Sihar Simanjuntak, tentang alasan peningkatan keamanan domain .id dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat.

Terkait rencana pengamanan John mengatakan peningkatakan sistem keamanan domain .id terkait dengan kewajiban penerapan disaster recovery center (DRC) di Indonesia.

"Dua sistem utama yang ingin diamankan yaitu aplikasi registri terkait aplikasi di perusahaan registrar dan sistem domain name system (DNS), baik sistem primer ataupun sekunder," kata John.

John mengatakan pengamanan itu bertujuan mencegah sistem registri mati sehingga domain .id dapat tetap digunakan.

"Target kami pengamanan itu selesai pada semester kedua 2013," kata John.

Selain pengamanan sistem domain .id, PANDI juga akan mempermudah pendaftaran identitas terkait sistem pembayaran dalam jaringan (payment gate-away) yang ditargetkan selesai pada semester pertama 2013.

Pada akhir 2012, PANDI masih akan menyelesaikan perpindahan sistem pendaftaran dari single point registry system (SPRS) ke shared registry system (SRS), selain mempromosikan second level domain (SLD) baru yaitu biz.id yang ditujukan sebagai domain usaha mikro kecil dan menengah; dan my.id. yang ditujukan kepada pengguna domain personal.

(I026)

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012