Saat ini, sampai dua minggu ke depan, harga bahan pokok terkendali.
Medan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi memastikan harga kebutuhan pokok relatif stabil menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023.

"Saat ini, sampai dua minggu ke depan, harga bahan pokok terkendali," ujar Edy Rahmayadi di Medan, Rabu.

Edy Rahmayadi juga tidak menampik, di momen hari besar keagamaan, biasanya harga  bahan pokok mengalami kenaikan karena tingginya permintaan masyarakat terhadap bahan pokok tersebut.

"Perhitungan saya, harga kebutuhan itu naik paling di sekitar 2,5 persen hingga 3 persen, kenapa itu, permintaan meningkat, pastinya naik, tetapi ini semua tetap kendali," katanya.

Baca juga: Tim Satgas Pangan pastikan pasokan bahan pokok di Tambahrejo aman

Pantauan di Pasar Sukaramai dan Pasar MMTC, Kota Medan, Rabu, harga bahan pokok seperti, minyak goreng kemasan Rp23.000, beras Rp11.000 per kilogram, gula pasir Rp16.000 per kilogram, daging ayam Rp28.500 per kilogram dan daging sapi Rp140.000 per kilogram.

Di sisi lain, Pemprov Sumut juga memastikan pasokan daging sapi di Sumut aman dari virus penyakit mulut dan kuku (PMK).

Baca juga: Wamendag sebut harga kebutuhan pokok di dua pasar Bandung turun

Kepala Dinas Perkebunan dan Pertanian Sumut, Lies Handayani mengatakan Pemprov Sumut bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota melaksanakan dan memperketat pos pemantaun lalu lintas hewan, dan ini sudah berlangsung dari tahun lalu.

"Tahun ini dilaporkan kabupaten/kota untuk penyakit PMK sudah sangat menurun. Di setiap perbatasan provinsi sudah ada cek poin yang memastikan ternak bebas PMK, jadi setiap ternak yang masuk atau keluar provinsi akan terdeteksi virus PMK hewan tersebut," ujar Lies Handayani.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023