Jakarta (ANTARA News) - Hujan deras yang berlangsung sekitar dua jam, disusul hujan gerimis sekitar 1,5 jam kemudian, lalu berhenti total sekitar 30 menit sebelum berita ini dibuat, telah meluapkan air ke banyak jalan utama Jakarta, sehingga memadatkan dan bahkan menghentikan laju lalu lintas.

Dari pantauan ANTARA News, kemacetan hebat terjadi di sepanjang Jalan Thamrin, lalu menyambung dari Bundaran HI sampai daerah Senayan di Jakarta, Selatan.

Di daerah seputar Monas, terutama sepanjang Jl Thamrin, mulai dari depan gedung Kementerian Agama, sampai Bundaran HI, lalu lintas macet seketika.  Air meluap di depan gedung Kementerian Agama, dan sisi kiri jalan Kebon Sirih menuju Tanah Abang.

Sementara di depan Sarinah, air kira-kira setinggi 80 cm telah menutup pergerakan kendaraan baik ke arah Kota maupun Blok M.  TMC Polda Metro melaporkan, akibat luapan air ini lalu lintas ke arah Sudirman padat sekali.  

Sementara di daerah Blok M, Jakarta Selatan, pohon bertumbangan di daerah Tendean sehingga lalu lintas ke arah Monginsidi padat.

Tidak hanya di situ, arus lalu lintas di ruas Tol Cawang menuju ke Sunter dan Tanjung Priok, serta sebaliknya, juga macet.

Tingginya volume kendaraan yang melintas imbas jam kepulangan kerja menjadi pemicu utama terjadinya kepadatan, demikian TMC.

Kepadatan serupa terlihat di Pasar Rumput yang mengarah ke Jalan Tambak, sedangkan ruas jalan Boulevard Raya depan MOI arah Yos Sudarso, Jakarta Timur, juga macet luar biasa.

"Kepadatan terjadi karena tingginya volume kendaraan yang melintas dan dipicu oleh kendaraan yang melakukan putar balik sehingga pergerakan kendaraan tersendat," demikian TMC Polda Metro.

TMC mengimbau pengguna jalan tetap bersabar dan hati-hati serta menjaga jarak aman kendaraan mereka.

Sejumlah pengguna jalan yang ditemui ANTARA News mengaku tidak menyangka perjalanan mereka harus menemui banyak jebakan macet.

"Saya sudah sejak jam 4 (sore) di sini," kata Trianto, pengendara motor, menunjuk perempatan Kebon Sirih dan Thamrin.   Dia sedang menuju rumahnya ke arah Blok M, setelah berbelanja di daerah Kota, Jakarta Barat.  

Seperti beberapa pengendara motor, bahkan mobil, Trianto, terpaksa menghentikan kendaraannya karena jalan digenangi air, selain juga mesin motornya sedikit rusak.

Kepada ANTARA News, sekitar pukul 5.30 sore, dia mengaku sudah berusaha mencari jalan lain menuju Blok M, tetapi tidak bisa menemukan titik yang steril dari macet.

Jebakan macet juga terjadi di lintas GT Cempaka Putih mengarah Cawang. Menurut informasi petugas siaga TMC, hingga saat ini arus lalu lintas yang tersendat tersebut masih terjadi. (*)

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012