Bazar ini pun turut dirasakan berkah oleh para pelaku UMKM.
Manado (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (UID Suluttenggo) mempromosikan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan di Bazar Ramadhan Kodam Merdeka, Kamis.

"Bazar ini pun turut dirasakan berkah oleh para pelaku UMKM. Salah satunya COFO Indonesia sebagai UMKM binaan PLN sebagai penggiat kain tenun kofo," kata Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum W Gautama, di Manado, Kamis.

Bazar Ramadhan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah yang digelar oleh Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Merdeka ini diikuti beragam peserta dengan menampilkan berbagai etalase produk UMKM.

Gautama menjelaskan kain tenun kofo sendiri merupakan kain yang terbuat dari serat pisang abaka. Sebagai warisan budaya, kain tradisional khas daerah Sangihe Talaud tersebut sarat akan makna filosofis di dalamnya.

"Kegiatan bazar menjadi momentum yang baik untuk bersilaturahmi sekaligus meningkatkan kolaborasi dalam upaya mendorong kesejahteraan pelaku UMKM serta masyarakat pada umumnya," ujar Gautama.

Melalui kegiatan bazar tersebut, menjadi wujud nyata PLN dalam komitmennya untuk terus mendukung serta memperkenalkan produk-produk UMKM. PLN juga berterima kasih kepada pihak yang terlibat dalam kegiatan sebagai upaya menggerakkan roda perekonomian daerah.

"Ini merupakan peran aktif PLN dalam mendukung dan memperkenalkan UMKM yang bertujuan mengembangkan inovasi dan kreatifitas masyarakat dalam dunia kewirausahaan, terima kasih kepada Kodam Merdeka yang telah memberi kesempatan untuk berkolaborasi dalam gelaran bazar,” kata Gautama.

Dalam mendorong para pelaku UMKM untuk terus mengembangkan berbagai produk usahanya, PLN juga menyediakan fitur marketplace yang terintegrasi dengan SuperApp PLN Mobile untuk memudahkan para UMK binaan mempromosikan produknya langsung ke genggaman masyarakat pelanggan. Dengan terintegrasi bersama PLN Mobile, masyarakat bisa langsung berbelanja sambil memenuhi kebutuhan listriknya.

Sam Pantouw, Product Developer Cofo Indonesia mengaku bangga dapat berpartisipasi mempromosikan produk kerajinan tangan kepada masyarakat.

"Kami senang sekali dapat berkolaborasi dengan PLN untuk mengisi booth bazar. Antusias hadirin ramai luar biasa dan semoga menjadi berkah bagi kita semua," ujar Sam.

Panglima Kodam Merdeka Mayor Jenderal TNI Alfred Denny Djoike Tuejeh yang hadir langsung di booth PLN menyampaikan apresiasi kepada PLN yang telah bersinergi bersama serta terlibat dalam kegiatan tersebut dengan menggandeng UMKM lokal.

"Terima kasih PLN telah hadir di kegiatan ini dengan turut serta memperkenalkan UMKM binaan yang memiliki kualitas baik," ujar Tuejeh.
Baca juga: Tradisi Bazar Ramadhan hingga buka puasa bersama dinanti di Malaysia
Baca juga: Parigi Moutong pamerkan Durian Montong pada bazar Ramadhan di Jakarta


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023