Pada tahun 2023  ini umat Islam di Papua, khususnya Kota Jayapura semakin antusias untuk melaksanakan shalat id menyambut Lebaran karena COVID-19 sudah melandai,"
Jayapura (ANTARA) - Sekitar 1.500 umat Islam di Kota Jayapura, Provinsi Papua antusias menunaikan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di halaman parkir gedung Pascasarjana Universitas Cenderawasih (Uncen), Jumat, setelah pemerintah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) seiring menurunnya kasus COVID-19.

Ketua Muhammadiyah Kota Jayapura, Sukaryanto di Jayapura, Jumat mengatakan sebelumnya pada 2022 umat Islam di daerah itu tidak bisa melaksanakan shalat Idul Fitri dikarenakan masih ada dalam situasi pandemi COVID-19.

"Sehingga pada tahun 2023  ini umat Islam di Papua, khususnya Kota Jayapura semakin antusias untuk melaksanakan shalat id menyambut Lebaran karena COVID-19 sudah melandai," katanya.

Menurut Sukaryanto, dalam pelaksanaan shalat id di Kota Jayapura itu tidak hanyab diikuti warga Muhammadiyah dari Jakarta, Purwokerto, Yogyakarta, Serui, Merauke dan Makassar yang melakukan mudik ke daerah itu, tetapi juga masyarakat umum yang ingin melaksanakan shalat id.

Ketua Pimpinan Muhammadiyah Provinsi Papua Subhan Hafid Massa mengatakan untuk di wilayah Papua shalat Idul Fitri 2023 pada Jumat (21/4) dilaksanakan di beberapa daerah seperti Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten keerom, Kabupaten Biak dan Kabupaten Waropen.

"Selain di Merauke, Kabupaten Mappi, Papua Selatan dan Nabire serta Kabupaten Mimika, Papua Tengah," katanya.

Menurut Hafid, pelaksanaan Shalat Idul Fitri menyambut Lebaran baik di Papua, Papua Tengah dan Papua Selatan berjalan dengan aman dan lancar.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pengurus di daerah yang telah menyiapkan dan mengatur pelaksanaan Shalat Id dengan menjaga ketertiban dan keamanan dengan menghargai perbedaan," ujarnya.

Melalui perayaan Idul Fitri 2023 yang juga sesuai dengan khutbah Shalat Id agar warga Muhammadiyah tetap menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan, demikianSubhan Hafid Massa,

Baca juga: Muhammadiyah Jayapura-Papua gelar shalat id 1444 Hijriah

Baca juga: Sebagian umat Islam Kota Jayapura laksanakan shalat Id 1444H Jumat

Baca juga: Kapolda Papua imbau wilayah rawan tidak gelar shalat Id di lapangan

Baca juga: Ribuan umat Islam Sorong shalat Id di halaman kantor Wali Kota

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023