Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkomifo) menyebarkan informasi tentang potensi ekosistem digital di Indonesia demi dapat menggaet lebih banyak investor dari luar negeri untuk sektor ekonomi digital.

Direktur Pemberdayaan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Bonifasius Wahyu Pudjianto menekankan penyampaian informasi mengenai ekosistem digital di Indonesia kepada para investor berpeluang menggaet minat para investor mancanegara untuk berinvestasi.

"Kami mengharapkan dari presentasi yang disampaikan akan semakin banyak para investor, baik itu private equity, venture capital, ataupun mereka dari philanthropic untuk bisa masuk ke Indonesia," ujarnya dalam siaran pers yang diterima, Jumat.

Pesan itu disampaikannya dalam acara bertajuk "Indonesia Digital Transformation: How Kominfo Empower the Innovators" di ajang Hannover Messe 2023 yang berlangsung di Hannover, Jerman, Kamis (20/4) waktu setempat.

Baca juga: Indonesia dan Jerman tindak lanjuti kerja sama transformasi digital

Menurut Bonifasius investasi sangat penting untuk mendorong kemajuan ekonomi digital yang optimal di Indonesia.

Selain memberi informasi mengenai ekonomi digital Indonesia secara umum, Kemenkominfo juga mengungkap secara spesifik mengenai perusahaan-perusahaan rintisan di Indonesia.

Adapun salah satu contoh informasi yang dibagikan mengenai ekosistem perusahaan rintisan lokal yaitu kegiatan HUB.ID Summit 2023 yang menjadi ajang rutin pemerintah menjembatani startup-startup digital di Indonesia terhubung dengan para calon investor baik dari perusahaan-perusahaan modal ventura lokal, global, bahkan dengan BUMN.

Penyebaran informasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengenalan investor dari luar negeri terhadap kapabilitas Indonesia bertumbuh di sektor ekonomi digital.

"Semakin banyak para investor yang masuk ke Indonesia, mereka dapat melakukan kerja sama, baik itu sifatnya investasi, ataupun juga partnership dalam kegiatan usaha bersama para startup di Indonesia," ungkapnya.

Baca juga: Kemenkominfo undang investor Eropa ke HUB.ID Summit 2023 di Bali

Dalam rangkaian Hannover Messe 2023, Kemenkominfo juga mempromosikan empat perusahaan rintisan asal Indonesia yaitu Imajin, Prieds, Amoda, dan Kecilin.

Mereka dipromosikan dalam acara bernama Venture Capital Engagement untuk bertemu dengan para calon pemberi modal.

Keempat perusahaan rintisan itu dinilai memiliki potensial mendapatkan investasi baik dari modal ventura maupun investor perorangan dalam ajang tersebut.

Baca juga: Kemenkominfo promosikan empat "startup" di Hannover Messe 2023

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023