Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) memastikan keamanan dan pencegahan gangguan ketertiban menjelang Lebaran 2023 di Lapas Khusus Kelas II B Sentul.

Hal ini,  kata Kepala BNPT RI Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel, berkaca dari beberapa pengalaman bahwa pada Idulfitri terdapat kunjungan-kunjungan dari keluarga para narapidana terorisme.

"Hari Raya Idulfitri, ketika keluarga datang jenguk, pastikan semua yang dibawa aman, dicek. Pastikan lapas aman," kata Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Kepala BNPT RI berpesan agar setiap personel penjagaan, baik yang berada di dalam, di luar lapas, maupun perangkat pendukung, dalam kondisi siap jika terjadi gangguan keamanan.

"CCTV harus terus dimonitor, Brimob dan petugas lapas harus siap saling berkoordinasi, cek alat-alat keamanan yang dibutuhkan," ujarnya.

Menurut dia, penjagaan keamanan di dalam lapas pada momen Lebaran 2023 sangat krusial karena Lapas Kelas II B Sentul memfasilitasi kunjungan tersebut sebagai salah satu pendekatan humanis kepada napiter yang masih menjalani masa hukuman.

"Iya, kami mengizinkan kunjungan keluarga. Semoga berjalan dengan aman dan tertib," kata salah satu petugas jaga Lapas Kelas II B Sentul Ricky.

Baca juga: Kepala BNPT amanatkan 59 PNS baru jadi agen penanggulangan radikalisme
Baca juga: Kepala BNPT fokuskan kegiatan pada program deradikalisasi

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023