Beijing (ANTARA) - Umat Islam di China daratan, Hong Kong dan Taiwan merayakan hari Idul Fitri pada Sabtu (22/4).

Asosiasi Islam China sudah menetapkan jatuhnya 1 Syawal 1444 Hijriah bertepatan pada 22 April 2023.

Sejak beberapa hari sebelum puasa Ramadhan hari pertama pengurus sejumlah masjid di Beijing telah mengedarkan jadwal imsakiah selama 30 hari dari 22 Maret hingga 22 April.

Beberapa masjid di China, termasuk Kedutaan Besar RI di Beijing juga akan menggelar shalat Id pada Sabtu pagi.

"Kami besok menggelar shalat Id di halaman depan Wisma Duta ... dilanjutkan dengan acara silaturahmi," kata Ketua Panitia Hari Raya Idul Fitri KBRI Beijing Raden Fitri Saptaji, Jumat.

Baca juga: Merayakan Idul Fitri di Filipina

Konsulat Jenderal RI di Hong Kong juga menyelenggarakan shalat Idul Fitri di Indian Recreation Club di kawasan Causeway Bay pada Sabtu mulai pukul 09.00 waktu setempat (08.00 WIB).

"Peserta harap membawa peralatan shalat sendiri dan sudah berwudlu dari rumah," kata pengumuman KJRI Hong Kong yang dirilis pada Kamis (20/4).

Beberapa komunitas pekerja migran Indonesia di Taiwan juga menggelar shalat Id di berbagai daerah mengikuti ketetapan komunitas Muslim setempat.

Data yang diperoleh ANTARA, sedikitnya 17 tempat shalat Id yang diselenggarakan oleh para pekerja migran Indonesia di Taiwan.

Tempat shalat Id tersebut tersebar di berbagai penjuru Taiwan, mulai dari Taipei di wilayah utara, Hualien (timur), Taitung (tenggara), Taichung (tengah), hingga Kaohsiung dan Donggang (selatan).

Di Taipei, shalat Id bakal digelar dalam beberapa gelombang, mengingat banyaknya jumlah peserta dan terbatasnya ruang.

Baca juga: Toleransi dalam perayaan Idul Fitri di Singapura

Baca juga: Merayakan Lebaran di Vietnam


Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023