Jakarta (ANTARA) - Peristiwa hukum yang terjadi kemarin yang masih menarik disimak, mulai dari Polda Sumatera barat (Sumbar) mengantisipasi terjadinya kemacetan panjang saat libur Lebaran 2023 hingga mantan Ketua Komisi Yudisial Jaja Ahmad Jayus meninggal dunia

Berikut rangkuman selengkapnya:

1. Polda Sumbar antisipasi kemacetan saat liburan Idul Fitri

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumbar mengantisipasi terjadinya kemacetan panjang saat liburan Idul Fitri 1444 Hijriah karena masyarakat akan menuju sejumlah destinasi wisata yang ada di daerah setempat.

"Saat ini arus mudik sudah dilalui dan alhamdulillah bisa berjalan lancar dengan penerapan one way atau sistem satu arah Sicincin Bukittinggi dan kita akan fokus selanjutnya saat libur Idul Fitri," kata Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya di Padang, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

2. 6.746 napi di Jateng peroleh remisi Idul Fitri

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Wilayah Jawa Tengah mencatat 6.746 narapidana yang mendekam di berbagai lapas di provinsi ini memperoleh pengurangan masa hukuman atau remisi dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kepala Kemenkumham Wilayah Jawa Tengah Yuspahruddin dalam siaran pers di Semarang, Jumat, mengatakan, dari jumlah warga binaan sebanyak itu, 44 di antaranya akan langsung bebas saat Lebaran.

Menurut dia, besaran pengurangan masa hukuman tersebut bervariasi antara 1 hingga 2 bulan.

Selengkapnya klik di sini.

3. Pemkab dan Polres Cianjur larang takbir keliling kota

Pemerintahan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dan Polres Cianjur melarang warga untuk melakukan takbir keliling karena dapat menyebabkan berbagai hal termasuk kecelakaan lalu lintas.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur Jumat, mengatakan pihaknya sudah berkomunikasi dengan unsur forkopimda dan sepakat untuk melarang takbiran keliling menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat bak terbuka.

Selengkapnya klik di sini.

4. Pengamat Polri serius kawal mudik lebaran 2023

Pengamat intelijen dan keamanan Ngasiman Djoyonegoro menilai Polri serius mempersiapkan diri dalam mengawal perjalanan mudik lebaran tahun 2023.

"Keterlibatan perwira tinggi (pati) Polri bintang tiga meningkatkan efektivitas komando pengamanan mudik tahun 2023," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Rektor Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal (ISTA) itu menilai perjalanan darat, laut, maupun udara semuanya terpantau sangat baik. Artinya, Polri melaksanakan tugasnya secara totalitas dalam mengawal mudik tahun 2023.

Selengkapnya klik di sini.

5. Eks ketua KY Jaja Ahmad wafat

Ketua Komisi Yudisial (KY) Paruh II Periode Juli 2018-Desember 2020 Jaja Ahmad Jayus, yang sebelumnya menjadi korban pembacokan, meninggal dunia pada Jumat, 21 April 2023.

“Doa kepada Pak Jaja yang sudah mendahului kita semua. Keluarga besar Komisi Yudisial sangat berbelasungkawa atas kepergian Pak Jaja,” ujar Juru Bicara Komisi Yudisial Miko Ginting, dikonfirmasi ANTARA dari Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023