Pangandaran (ANTARA) - Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) menyebar puluhan rambu zona bahaya kawasan pantai untuk memberikan peringatan kepada wisatawan agar tidak menjadi korban kecelakaan laut saat berwisata di seluruh objek wisata pantai, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

"Sudah (dipasang) semua 50 disebarkan mulai Pantai Karapyak sampai Pantai Madasari," kata Kepala Satpolairud Polres Pangandaran AKP Sugianto saat dihubungi melalui telepon seluler, Minggu.

Ia menuturkan seluruh rambu itu sudah dipasang di sejumlah titik wisata pantai di Kabupaten Pangandaran yang dinilai sebagai zona bahaya untuk aktivitas berenang bagi wisatawan.

Pantai prioritas pengawasan petugas, kata dia, salah satunya Pos 5 di Pantai Barat Pangandaran karena di lokasi itu terdapat potensi bahaya bagi wisatawan yang bisa menarik ke tengah lautan.

"Di lokasi itu terdapat putaran arus yang kuat, yang bisa menarik perenang jauh ke tengah, jadi bisa membahayakan keselamatan pengunjung," tuturnya.

Baca juga: ASDP mengoperasikan 23 kapal saat Lebaran 2023

Baca juga: Dubes Rosan rayakan Lebaran bersama diaspora Indonesia di Washington


Ia menjelaskan adanya rambu-rambu larangan dan imbauan bagi wisatawan di sejumlah titik pantai itu bisa menjadi peringatan sehingga tidak mau berenang untuk menjaga keselamatan diri.

"Itu rambu larangan berenang jadi diimbau kepada pengunjung untuk mematuhi petunjuk petugas jaga pantai dan rambu-rambu yang ada," ucapnya.

Ia menyampaikan selain pasang rambu, ada juga kekuatan personel gabungan dari Satpolairud Polres Pangandaran, dan Polda Jabar, kemudian Balawista, Basarnas, TNI AL, serta lembaga lainnya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan.

"Personel Polairud Pangandaran 12, ditambah BKO dari Polairud Polda Jabar 25 personel, serta Balawista, Basarnas, TNI AL," ujarnya.

Terkait kunjungan wisatawan ke Pangandaran sejak libur Lebaran, kata Sugianto, terpantau sudah ramai, terutama di kawasan Pantai Barat Pangandaran.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari menyatakan, libur Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 sudah ada peningkatan kunjungan wisatawan ke Pantai Pangandaran.

Terkait jumlah kunjungan ke objek wisata pantai selama libur, kata dia, datanya masih dihitung, dan akan dilaporkan nanti, Senin (24/4). "Mulai ada peningkatan Pangandaran," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023