Jakarta (ANTARA) -
Bek kanan tim nasional U-22 Indonesia Ilham Rio Fahmi mengaku sudah melupakan prestasinya meraih penghargaan pemain muda terbaik Liga 1 Indonesia musim 2022/2023, dan memilih untuk fokus memberikan kemampuan terbaik di timnas.
 
Pada Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 silam, ketika Persija Jakarta mengakhiri musim dengan raihan peringkat kedua, Rio tercatat bermain pada 30 pertandingan dengan total satu gol dan dua assist.
 
"Untuk penghargaan kemarin sudah saya lupakan karena itu sudah berlalu. Ke depannya saya akan fokus membantu timnas, apa yang ditargetkan pemerintah Insya Allah bisa tercapai," kata Rio setelah menjalani latihan rutin di Lapangan latihan B Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin.

Baca juga: Timnas banyak digembleng latihan taktik jelang SEA Games Kamboja
 
Pemain Persija Jakarta itu juga mengatakan persiapan yang dilakukan olehnya dan rekan-rekan setim menjelang SEA Games berjalan dengan lancar. Ia pun menuturkan dirinya cukup memahami apa yang diinstruksikan oleh pelatih Indra Sjafri.
 
"Untuk hari-hari mendekati keberangkatan ke Kamboja, pelatih sedikit meningkatkan kondisi fisik dan lebih banyak ke taktikal," kata pemain asal Banjarnegara, Jawa Tengah tersebut.
 
Di timnas U-22 kali ini, Rio akan bersaing untuk mengisi satu slot di posisi bek kanan dengan pemain Barito Putera Bagas Kaffa. Namun ia menganggap persaingan tersebut sebagai hal yang sehat demi kebaikan tim.
 
"Kebetulan Fajar Fathurrahman dipasang di sayap kanan. Jadi di bek kanan ada saya sama Bagas, tapi kita semua saling support agar menghasilkan yang terbaik untuk Indonesia.

Baca juga: Kelly Sroyer anggap semua lawan di SEA Games sama beratnya
 
Timnas U-22 melakukan persiapan maksimal menjelang SEA Games termasuk melarang pemain mengambil libur hari raya Idul Fitri karena akan berangkat ke Kamboja pada Selasa (25/4). Seluruh pemain timnas U-22 tetap berada di Jakarta, dan sebagai gantinya keluarga beserta kerabat yang diizinkan untuk mengunjungi mereka di hari raya umat Islam tersebut.
 
Sayangnya hal itu tidak dapat dirasakan Rio, yang kali ini terpaksa berlebaran jauh dari kehangatan keluarga, karena keluarganya kali ini berhalangan hadir ke Jakarta.
 
"Kebetulan agak ribet ya karena saya dari Banjarnegara, keluarga saya juga di Banjarnegara. Saya sudah dua kali (merayakan Idul Fitri tanpa keluarga), mungkin jadi sudah agak terbiasa. Jadi keluarga stay di rumah saja, tidak ada yang datang kemari," pungkas pemain 21 tahun itu.
 
Timnas U-22 akan memulai penampilannya di SEA Games Kamboja dengan bertemu Filipina pada 29 April. Setelah itu di fase grup mereka berturut-turut akan menghadapi Myanmar pada 4 Mei, Timor Leste pada 7 Mei, dan tuan rumah Kamboja pada 10 Mei.

Baca juga: Erick ungkap alasan pemain timnas U-20 disatukan dalam Bhayangkara FC

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023