Jakarta (ANTARA) - General Motors Co dan Samsung SDI diperkirakan akan mengumumkan secepatnya, mungkin pada Selasa, bahwa mereka berencana untuk membangun pabrik manufaktur baterai patungan baru di Amerika Serikat, kata sumber yang dikutip oleh Reuters, Senin (24/4).

Pada bulan Januari, Reuters melaporkan bahwa GM dan LG Energy Solution tidak akan melanjutkan pembangunan pabrik manufaktur baterai keempat di Amerika Serikat.

GM dan LG Energy Solution sedang membangun pabrik senilai 2,6 miliar dolar AS di Michigan yang dijadwalkan akan dibuka pada tahun 2024, salah satu dari tiga pabrik patungan Ultium Cells LLC.

Pabrik baru GM Samsung SDI diperkirakan akan lebih mahal dari pabrik baterai Michigan, kata sumber tersebut, tetapi, lokasi belum akan segera diumumkan. GM dan Samsung SDI tidak memberikan komentar.

"GM dan LG Energy Solution telah sepakat untuk membangun tiga pabrik patungan baterai di Amerika Serikat, dan kami juga kemungkinan akan memiliki lebih dari satu pabrik patungan baterai dengan GM di Amerika Serikat untuk memenuhi permintaan baterai kendaraan listrik GM dan tujuan elektrifikasi," kata sumber Samsung SDI yang tidak ingin disebutkan namanya karena tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Baca juga: Stellantis, Samsung SDI akan bangun pabrik baterai di Indiana

Sumber tersebut menambahkan bahwa kedua perusahaan sedang mempertimbangkan untuk memiliki beberapa pabrik patungan baterai di Amerika Utara.

Pada bulan Agustus, perusahaan patungan GM dan LG Energy Solution mengatakan sedang mempertimbangkan lokasi di New Carlisle, Indiana, untuk pabrik baterai keempat di Amerika Serikat.

Pada bulan Januari, Reuters melaporkan bahwa GM dan mitra baru masih bisa memilih lokasi Indiana tersebut untuk pabrik baterai.

GM mengatakan tahun lalu bahwa mereka berharap dapat memproduksi 400.000 kendaraan listrik di Amerika Utara dari tahun 2022 hingga pertengahan 2024 dan meningkatkan kapasitas menjadi 1 juta unit per tahun di Amerika Utara pada tahun 2025.

Sumber mengatakan bahwa GM sedang mempertimbangkan apakah mereka akan membutuhkan setidaknya dua pabrik kendaraan listrik tambahan di masa depan untuk memenuhi permintaan kendaraan listrik.

Media Korea Selatan melaporkan potensi pengumuman GM Samsung SDI pada awal Maret.

Pada bulan Mei 2022, Stellantis NV dan Samsung SDI mengumumkan bahwa mereka akan berinvestasi lebih dari 2,5 miliar dolar AS untuk membangun pabrik baterai patungan baru di Kokomo, Indiana.

Stellantis dan LG Energy Solution mengatakan pada tahun 2022 bahwa mereka akan berinvestasi 4,1 miliar dolar AS untuk pabrik baterai patungan di Kanada.

Pada tahun 2022, Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam kunjungan ke Samsung di Korea Selatan mendorong perusahaan-perusahaan tersebut untuk "memasuki kemitraan" dengan "anggota serikat pekerja Amerika" dan mengatakan bahwa usaha patungan "yang memproduksi baterai kendaraan listrik akan menjadi lebih kuat dengan hubungan perundingan kolektif" dengan serikat pekerja AS.

Baca juga: Turkiye bangun pabrik baterai mobil baru patungan dengan China

Baca juga: Ford akan umumkan pabrik baterai Rp53 triliun di Michigan

Baca juga: LGES bergabung dengan Ford dan Koc untuk pabrik baterai EV di Turki
Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023