"Coverage jaringan telah melayani hingga 100 persen di ibu kota kabupaten."
Medan (ANTARA News) - Telkomsel mengerahkan tiga  Mobile Base Transceiver Station (BTS) di wilayah strategis Sumatera Utara (Sumut), yakni Lapangan Merdeka di Medan, Parapat dan Berastagi untuk mengantisipasi lonjakan penggunaan komunikasi pada malam Tahun Baru 2013.

"Mobile BTS atau COMBAT,  Compact Mobile Base Transceiver, di tiga titik strategis itu untuk semakin memperkuat jaringan Telkomsel guna memenuhi kebutuhan pelanggan yang naik tajam pada H-1 dan hari H 2013," kata Head of ICT Network Management Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Division, M. Hamzah Berdikari, di Medan, Kamis.

Mobile BTS itu berfungsi memperluas jangkauan dan kapasitas trafik komunikasi, apalagi BTS itu juga dilengkapi dengan koneksi Internet nirkabel (Wireless Fidelity/WiFi) guna memudahkan pelanggan dalam mengakses data yang semakin tren di tengah masyarakat.

Adapun penempatan di Lapangan Merdeka di Medan, Parapat dan Berastagi, menurut dia, karena dinilai menjadi lokasi strategis berkumpulnya pelanggan Telkomsel jelang dan selama pergantian Tahun Baru 2013.

Selain menyediakan COMBAT, Telkomsel juga menyediakan 127 mobile genset untuk di wilayah Sumut dan Aceh, guna mengantisipasi terjadinya gangguan komunikasi akibat terputusnya jaringan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Manajemen sudah melakukan berbagai langkah untuk meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan di tengah lonjakan penggunaan komunikasi baik dalam bentuk SMS, voice dan data di tengah bakal terjadinya lonjakan pemakaian komunikasi tersebut," katanya.

Serangkaian langkah itu, dikemukakannya, guna melengkapi fasiltas yang sudah ada sebelumnya, seperti 5.500 BTS, dan manajemen mampu melayani suara hingga kenaikan 62 persen dari penggunaan normal, serta 182 persen lonjakan penggunaan SMS pada saat bersamaan .

Untuk layanan data, ia menjelaskan, Telkomsel sudah bisa mengantisipasi lonjakan hingga 300 persen yang dipicu kebiasaan pelanggan yang tidak lagi menggunakan SMS melainkan melalui pesan percakapan (messenger chat) dan jejaring sosial untuk mengucapkan selamat Natal maupun Tahun Baru.

"Antisipasi lonjakan penggunaan itu sudah jauh di atas lonjakan penggunaan layanan Telkomsel di Tahun Baru 2012 lalu, yang masing-masing untuk voice meningkat 15 persen lebih, SMS 16 persen lebih dan layanan data naik lebih dari 15 persen,"`katanya.

Sementara itu, Head of Communication Telkomsel Region Sumatera, Hadi Sucipto, menyebutkan bahwa Telkomsel juga meningkatkan layanan dalam pengisian pulsa dan layanan lain seperti di GraPARI yang sebagian di antaranya buka 24 jam pada hari libur tahun baru tersebut.

Jumlah pelanggan Telkomsel di Sumbagut per akhir Nopember 2012 mencapai 13 juta orang lebih dari 36 jutaan total pelanggan di Sumatera atau 121 juta pelanggan se Indonesia.

Sejalan dengan peningkatan jumlah pelanggan, Telkomsel di wilayah Regional Sumbagut terus menambah BTS hingga sudah mencapai 5.500 BTS yang terdiri dari BTS 2G dan 3G.

Sejalan penambahan BTS, Telkomsel secara berkesinambungan melakukan peningkatan kualitas layanan dengan melakukan penambahan kapasitas, modernisasi jaringan dalam bentuk implementasi perangkat, layanan dan fitur terbaru.

"Coverage jaringan telah melayani hingga 100 persen di ibu kota kabupaten sampai wilayah kecamatan di Pulau Sumatera," demikian Hadi Sucipto. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2012