"Saya harap demikian, didukung oleh pemerintah."
Bandung (ANTARA News) - Penyanyi Shandy Sondoro berpengharapan baru di tahun 2013 yang tinggal beberapa hari lagi, yakni ingin kembali berkeliling dunia mengenalkan budaya, khususnya musik Indonesia.

"Tahun depan ingin tur keliling dunia bawa nama negara ini. Konsepnya belum ada. Selama ini kan saya sering bolak balik ke Jerman," katanya di Bandung, Kamis.

Ditemui usai jumpa pers konser musik "Claspherience-The HD Music Exprerience", Shandy berharap, niatnya untuk berkeliling dunia memperkenalkan budaya Indonesia tersebut bisa didukung oleh pemerintah, seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Korea Selatan dalam mengenalkan budaya "K-Pop"-nya.

"Saya harap demikian, didukung oleh pemerintah, seperti artis-artis di Korea yang berhasilkan menularkan demam K-Pop ke seluruh dunia," ujar pelantun lagu "Malam Biru" itu.

Walaupun dirinya berkeinginan keliling dunia, kata Shandy, namun belum mengetahui negara-negara mana yang akan dikunjungi.

"Untuk saya sendiri, Insya Allah lebih banyak mengenal dunia lebih luas lagi. Tapi, saya nggak tahu, pokoknya ke mana angin berhembus saya ikutin," ujarnya.

Selain itu, penyanyi yang lahir di Jakarta pada 12 Desember 1973 itu mengemukakan keinginan kuat lainnya, yakni di tahun depan musik Indonesia semakin berjaya dan makin dikenal di masyarakat internasional.

"Mudah-mudahan musik Indonesia bisa lebih berjaya lagi di rumahnya sendiri ataupun di ajang internasional," demikian Sandy Sondoro. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2012