Sampai dengan hari ini kebutuhan stok BBM saat libur Lebaran dalam kondisi aman.
Jambi (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel menjamin ketersediaan dan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) untuk wilayah Jambi mencukupi selama masa arus balik Lebaran 2023.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Regional Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jambi, Selasa, mengungkapkan Pertamina berupaya memberikan pelayanan terbaiknya guna memberikan kenyamanan kepada para pemudik.

"Sampai dengan hari ini kebutuhan stok BBM saat libur Lebaran dalam kondisi aman, Pertamina melalui Satgas Ramadhan dan Idul Fitri melakukan pemantauan penyaluran BBM setiap hari," kata dia.

Pertamina mencatat, selama masa Satgas Ramadhan dan Idul Fitri, untuk wilayah Jambi konsumsi produk gasoline sekitar 1.460 kiloliter (kl) per hari atau meningkat sebesar 12 persen dibanding konsumsi normal 2023, sedangkan untuk produk gasoil tidak ada perubahan signifikan dan untuk konsumsi LPG sekitar 299 MT per hari atau naik sekitar 3,4 persen dibanding konsumsi normal 2023.

Selain itu, Pertamina terus mengimbau agar masyarakat tetap membeli BBM sesuai peruntukan dan kebutuhan. Kepada pemudik agar memilih BBM yang berkualitas agar perjalanan selama mudik menjadi lebih nyaman, mesin kendaraan lebih awet, serta menggunakan metode pembayaran non tunai atau cashless agar pelayanan dapat lebih efisien.

"Pertamina juga mengimbau agar masyarakat menggunakan pembayaran cashless untuk pembelian BBM, supaya transaksi lebih cepat dan aman, serta tidak terjadi antrean di SPBU," kata dia lagi.

Untuk wilayah Jambi saat ini rata-rata konsumsi harian BBM jenis gasoil sekitar 808 kl per hari, sedangkan untuk rata-rata konsumsi harian BBM jenis gasoline sekitar 1.306 kl per hari, serta LPG PSO sekitar 291 MT per hari dan untuk LPG non PSO sekitar 24,25 MT per hari.
Baca juga: Konsumsi BBM naik signifikan, capai 41 persen saat H-2 Lebaran 2022
Baca juga: Pertamina pastikan stok BBM di Bengkulu aman selama arus balik

Pewarta: Tuyani
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023