Miami (ANTARA News) - Pemimpin Operasi Badai Gurun 1991, Jenderal Norman Schwarzkopf, meninggal dunia pada usia 78 tahun.

Menurut Reuters, pejabat AS menyatakan pahlawan Amerika Serikat berjuluk "Badai Norman" yang memimpin operasi pembebasan Kuwait dari Irak dibawah pimpinan Saddam Hussein itu meninggal dunia di Tampa.

Mantan Presiden George HW Bush yang sedang menjalani perawatan di Texas menjadi orang pertama yang mengeluarkan pernyataan berduka atas meninggalnya jenderal yang pensiun dari militer sebagai Panglima Komando AS itu.

"Barbara dan saya berduka atas meninggalnya seorang patriot Amerika sejati dan salah satu pemimpin militer yang besar dari generasinya," kata Bush dalam sebuah pernyataan yang dikutip AFP.

"Seorang anggota terkemuka Long Gray Line yang berasal dari West Point, Jenderal Norman Schwarzkopf, bagi saya, melambangkan pengakuan iman 'tugas, pelayanan, negara' yang telah membela kebebasan kami dan melihat bangsa yang besar ini melalui sebagian besar upaya kami dalam mengatasi krisis internasional," kata Bush.

(H-AK)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2012