Kendari (ANTARA) - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) seluruh Indonesia dijadwalkan berkunjung ke Sulawesi Tenggara (Sultra) membahas pemanfaatan aspal Buton secara nasional.

“Dalam waktu dekat kami akan mengundang ketua Kadin seluruh Indonesia, sekaligus saya menjelaskan tentang potensi kekayaan dan kualitas Aspal Buton untuk bisa dikelola secara nasional," ujar Ketua Umum Kadin Sultra Anton Timbang, dalam keterangan di Kendari, Rabu.

Menurut Anton, guna mewujudkan rencana tersebut, sejauh ini sudah melakukan koordinasikan dengan Gubernur Sultra Ali Mazi, sehingga target Presiden Joko Widodo menjadikan aspal Buton dapat digunakan secara Nasional 2024 mendatang segera terwujud.

"Namun kami juga berharap peran aktif Pemerintah Provinsi maupun kabupaten/kota se-Sultra menjadi contoh agar penggunaan aspal Buton dimulai dari pelaksanaan pembangunan jalan-jalan provinsi maupun ruas-ruas jalan di kabupaten dan kota," ujarnya.

Sementara itu, ketua komisi-3 DPRD Sultra Suwandi Andi, mendukung 100 persen langkah strategis dan terobosan ketua umum Kadin Sultra Anton Timbang untuk menggelar pertemuan nasional seluruh ketua Kadin membahas pemanfaatan potensi tambang aspal Buton yang akan digunakan secara nasional.

“Kami berharap kepada seluruh pemerintah daerah di 17 kabupaten/kota untuk mendukung penuh rencana pertemuan seluruh ketua Kadin di Sultra, sehingga pemanfaatan sumber daya alam Aspal Buton secara nasional segera terwujud demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat kita,” ucap Suwandi.

Kabupaten Buton merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi sumber daya alam aspal terbanyak hingga 662 juta ton aspal atau dapat dikelola selama ratusan tahun ke depan.

Selama ini kendala yang dihadapi dalam pengelolaan Aspal Buton secara Nasional karena tidak adanya regulasi penekanan penggunaannya.

Namun demikian, Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja di Pasarwajo kabupaten Buton akhir September 2022 lalu, sudah memberi lampu hijau untuk menerbitkan Keputusan Presiden (Kepres) penggunaan aspal Buton dalam pembangunan infrastruktur jalan di tanah air tahun 2024 mendatang.

Baca juga: Kadin : Aspal Buton berpeluang besar digunakan pada jalan nasional

Baca juga: Kemenperin siapkan konsep pengembangan hilirirasi industri aspal Buton

 

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023