Implementasi sejak dini pendidikan karakter di setiap rumah tangga dan lembaga pendidikan harus konsisten dilakukan
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat berpendapat pendidikan karakter sejak dini harus dilakukan secara konsisten oleh orang tua dan guru guna membangun sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berdaya saing dan memiliki nasionalisme yang kuat.

"Implementasi sejak dini pendidikan karakter di setiap rumah tangga dan lembaga pendidikan harus konsisten dilakukan," kata Lestari, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Di samping itu, tambah dia, pendidikan karakter sejak dini itu juga dapat pula membentengi generasi muda Indonesia dari pengaruh negatif yang bisa merusak karakter mereka sebagai anak bangsa, seperti yang muncul dalam beberapa unggahan di media sosial dan pemberitaan.

Dalam sepekan terakhir, publik dihebohkan dengan unggahan di media sosial tentang oknum peneliti dan aparat keamanan yang memperlihatkan kekerasan dalam bentuk tindakan dan verbal terhadap ormas serta ibu pengendara motor di jalan.

Menurut Lestari, kemunculan banyak perilaku negatif di berbagai platform media itu telah terjadi berulang-ulang kali sehingga dikhawatirkan memengaruhi pembentukan karakter generasi muda.

Padahal, ujar dia melanjutkan, keteladanan adalah salah satu faktor yang mampu membantu pembentukan karakter seseorang.

Berikutnya, Lestari juga mendorong agar penanaman nilai-nilai kebangsaan dan budi pekerti dilakukan sejak dini di keluarga dalam lembaga pendidikan dalam rangka memperkuat pondasi karakter anak.

Para orang tua dan guru, kata dia, harus mampu pula menyampaikan pesan moral terhadap satu peristiwa serta mengajarkan anak untuk mengedepankan sikap jujur dan saling menghormati terhadap sesama manusia dalam keseharian.

Ia pun menilai negara harus hadir dalam mengakselerasi pembangunan karakter SDM nasional agar mampu membentengi setiap anak bangsa dari gempuran nilai-nilai yang tidak sesuai dengan nilai kebangsaan dan budaya Indonesia.

Baca juga: Ketua MPR tegaskan pentingnya pendidikan karakter bangsa
Baca juga: Kemenko PMK tekankan pentingnya penguatan pendidikan karakter
Baca juga: Pendidikan karakter kunci utama agar anak tidak jadi pelaku bullying

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023