Kendari (ANTARA) - Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan atau UPP Kelas II Raha mengimbau warga yang akan balik pada Lebaran 2023 agar tidak membeli tiket kapal lewat calo.

Kepala Kantor UPP Kelas II Raha Taufan Eka Putra saat dihubungi Rabu, mengatakan bahwa pihaknya telah menyediakan berbagai kemudahan untuk para calon penumpang kapal di Pelabuhan Nusantara Raha.

“Kami telah menyediakan pemesanan tiket online,” kata Taufan Eka Putra.

Ia menyampaikan bahwa bagi para calon penumpang kapal dengan tujuan Kota Baubau atau Kota Kendari sudah bisa memesan tiket melalui laman www.easybook.com.

Baca juga: Pelabuhan Tulehu imbau pemudik beli tiket jauh sebelum waktu berangkat

"Selain menghindari calo, pemesanan tiket lewat online juga memudahkan masyarakat, sehingga tidak lagi antre panjang di loket," ujar Taufan Eka Putra.

Ia menjelaskan bahwa setelah memesan tiket di laman easybook, para calon penumpang itu harus memperlihatkan kepada petugas bukti pemesanannya untuk dicetakkan nomor kursinya.

Antrean para penumpang di Pelabuhan Nusantara Raha. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)
"Termasuk pembayaran pembelian tiket lewat online ini masih dilakukan secara manual saat menunjukkan bukti pemesanan tiket," katanya.

Ia mengatakan bahwa untuk menghindari calo di Pelabuhan Nusantara Raha, pihaknya akan melakukan penjagaan secara ketat di pintu masuk ruang tunggu pelabuhan.

Baca juga: KSOP Banjarmasin: pembelian tiket kapal hanya lewat daring

Taufan menegaskan bahwa jika pihaknya menemukan para calon penumpang yang menggunakan calo atau menggunakan tiket ilegal tidak akan diperbolehkan masuk ke dalam kapal dan tidak akan diberangkatkan ke kota tujuan.

"Jadi, saya tegaskan tidak akan diizinkan masuk bagi yang menggunakan tiket ilegal atau tidak resmi," katanya.

Ia mengatakan bahwa kerugian yang akan didapat oleh para penumpang yang membeli tiket ilegal atau menggunakan jasa calo, yakni instansi terkait tidak akan menjamin asuransi penumpang jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami mengimbau para calon penumpang membeli tiket dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan dan wajib membeli tiket resmi, agar bisa ter-input oleh asuransi. Jika melalui calo, sudah pasti tidak terdaftar atau masuk kategori penerima asuransi," katanya.

Baca juga: ASDP mengoperasikan 23 kapal saat Lebaran 2023

Ia juga memprediksi bahwa puncak arus balik lebaran dan lonjakan penumpang di Pelabuhan Nusantara Raha akan terjadi mulai 28 April 2023.

“Sejumlah kapal tambahan juga akan kami siagakan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang,” kata Taufan Eka Putra.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023