Makin terasa aura libur Lebarannya
Jakarta (ANTARA) - Manajemen Taman Impian Jaya Ancol mengungkapkan, Dunia Fantasi (Dufan) dan Sea World menjadi unit rekreasi paling diminati pengunjung destinasi wisata di Pademangan, Jakarta Utara, itu sejak awal Lebaran 2023.

Bahkan liburan di Dufan juga dilakukan oleh kalangan selebritas. Misalnya keluarga artis sekaligus pendakwah Oki Setiana Dewi atau biasa dipanggil Ustazah Oki pada Rabu.

Tentunya, kata Komunikasi Korporat Taman Impian Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho di Jakarta Utara, favorit pengunjung Ancol tetap area pantai.

"Jadi kalau kami melihat saat ini memang pantai masih menjadi favorit, area yang disukai, dari pagi hari hingga siang hari pengunjung banyak mendatangi pantai," katanya.

Baca juga: Cuaca cerah jadi daya tarik berwisata ke Ancol pada H+3 Lebaran

Kalau unit rekreasi, kata dia, memang Dunia Fantasi dan Sea World. "Itu dua unit yang paling diminati dari awal Lebaran hingga hari ini," kata Eko kepada wartawan.

Pada Lebaran tahun 2023 ini, kata Eko, manajemen Taman Impian Jaya Ancol memberikan banyak acara spesial di seluruh area rekreasi pengunjung yang dikemas dengan tema "Festival Raya Kemenangan".

Di area pantai, Manajemen Taman Impian Jaya Ancol menyediakan bazar kuliner dan jajanan, ada pertunjukan musik (live music) dan ditutup dengan "Pekan Gembira Ria" di Ecopark pada malam hari.

"Malam tadi ada penampilan The Changcuterz yang manggung di Pulau Tengah Ecopark menghibur pengunjung," katanya.

Di semua unit rekreasi juga banyak pertunjukan spesial. Di Dufan ada "Pinkfong" dan "Baby Shark", kemudian juga ada wahana baru "Teater Simulator".

 Baca juga: Ancol optimis jumlah pengunjung liburan Lebaran capai 600.000

Di Sea World ada "Marawis Underwater dan di Samudra masih ada pertunjukan "Mermaid Arabian Night". "Jadi masih banyak yang bisa disaksikan pengunjung hingga 1 Mei 2023 mendatang," katanya.

Hingga libur hari kelima Lebaran pada 26 April 2023, Manajemen Taman Impian Jaya Ancol melihat data kunjungan saat ini lebih baik dibandingkan dengan saat aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih berlaku.

"Makin terasa aura libur Lebarannya," kata Eko.

Trennya meningkat mulai dari hari pertama libur Lebaran dengan jumlah pengunjung mencapai 51.700-an orang. Kemudian di hari kedua mencapai 100.000-an dan di hari ketiga Lebaran mencapai 110.000 orang.

Baca juga: Jumlah pengunjung Ancol lewati target pekan libur Lebaran

Pada Selasa (25/4), pengunjung yang datang ke Ancol mencapai 86.000 orang. Sedangkan hari ini sedikitnya juga di atas 60 ribuan orang.

"Data pengunjung tahun ini masih cukup baik dan kami harapkan trennya masih tetap berlangsung hingga nanti berakhir tanggal 1 Mei 2023," kata Eko.

Di tahun lalu, kunjungan tertinggi di Taman Impian Jaya Ancol itu terjadi pada hari kedua dan ketiga libur Lebaran yang mencapai
72.000.

Tahun ini cukup mengejutkan karena bisa tembus 100.000. Ia menilai pencapaian itu menandakan pariwisata Jakarta sudah bisa bangkit kembali.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023