Jakarta (ANTARA) - Inter Milan memastikan diri melaju ke partai final Piala Italia usai mengalahkan Juventus dengan skor 1-0 pada leg kedua babak semifinal di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Kamis dini hari WIB.

Skor 1-0 untuk tersebut membuat Inter Milan menang secara agregat 2-1, setelah sebelumnya pada leg pertama kedua tim bermain imbang 1-1 di Turin, demikian catatan Piala Italia.

Pada pertandingan ini, satu-satunya gol Nerazzuri lahir dari upaya yang dilakukan oleh bek sayap Federico Dimarco pada babak pertama.

Baca juga: Tiga kartu merah warnai hasil imbang 1-1 Juventus kontra Inter Milan

Juventus sebenarnya lebih mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 59 persen penguasaan bola, namun Inter tampil lebih efektif dengan melepaskan 11 tendangan yang empat di antaranya tepat sasaran.

Inter Milan kini akan menantikan lawan mereka di final Piala Italia antara Fiorentina atau Cremonese yang baru akan memainkan pertandingan leg kedua nanti malam.

Pada babak pertama Inter mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan memiliki peluang melalui sundulan Edin Dzeko yang masih menyamping dari gawang Juventus.

Tim tuan rumah berhasil mencetak gol terlebih dahulu pada menit ke-15 usai umpan terobosan Nicolo Barella dapat dikonversikan menjadi gol oleh tendangan Dimarco sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Baca juga: Sanksi pengurangan 15 poin dicabut, Juventus naik ke peringkat tiga

Unggul satu gol, Inter tidak mengendurkan serangan mereka dan sempat memberikan ancaman melalui tendangan Lautaro Martinez yang masih menyamping dari gawang Mattia Perin.

Juventus mampu keluar dari tekanan dan sempat dua kali mengancam gawang Inter melalui upaya yang dilakukan oleh Mattia De Sciglio dan Filip Kostić, namun keduanya tidak ada yang membuahkan hasil. Skor 1-0 untuk keunggulan Inter bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua Inter memiliki peluang emas untuk menggandakan keunggulan andai umpan silang Denzel Dumfries dapat disambut oleh tendangan Martinez.

Inter kembali memberikan ancaman ke gawang Juventus, kali ini melalui tendangan voli Henrikh Mkhitaryan, namun bola dapat ditepis oleh Perin.

Juventus di sisi lain, tetap berupaya untuk mencari gol penyeimbang, salah satunya melalui tendangan Angel Di Maria yang masih berada tepat ke pelukan kiper Inter Andre Onana.

Pada sisa waktu babak kedua, kedua tim tetap berupaya untuk mencari gol, namun hingga peluit panjang berbunyi skor 1-0 untuk kemenangan Inter tetap bertahan.

Selanjutnya Inter akan melakoni partai final Piala Italia menghadapi Fiorentina atau Cremones di Stadion Olimpico, Roma, Rabu (24/5) mendatang.

Baca juga: Inter dikabarkan mulai jajaki kemungkinan datangkan Tajon Buchanan

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023