Jakarta (ANTARA) - Barcelona gagal mengamankan poin penuh usai takluk dari Rayo Vallecano dengan skor 1-2 pada pekan ke-31 Liga Spanyol di Stadion de Vallecas, Madrid, Kamis dini hari WIB.

Pada pertandingan ini Rayo Vallecano mampu unggul lebih dulu berkat gol Alvaro Garcia Rivera dan Fran Garcia, sedangkan Barcelona sempat memperkecil ketertinggalan melalui Robert Lewandowski, demikian catatan Liga Spanyol.

Meski menelan kekalahan, Barcelona masih kokoh di puncak klasemen sementara Liga Spanyol dengan torehan 76 poin dari 31 pertandingan, sedangkan Rayo Vallecano naik ke posisi 9 dengan raihan 43 poin.

Baca juga: Barcelona incar Aubameyang untuk jadi pemain pelapis Lewandowski

Pada pertandingan ini, Barcelona mendominasi jalannya laga dengan mencatatkan 61 persen penguasaan bola, namun Rayo Vallecano tampil efektif dengan melepaskan 9 tendangan yang enam di antaranya menemui sasaran.

Pada babak pertama, Rayo Vallecano mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mampu memberikan ancaman melalui tendangan Sergio Camello yang dapat diamankan oleh kiper Barcelona Marc-Andre Ter Stegen.

Tim tuan rumah mampu unggul terlebih dahulu pada menit ke-19 melalui gol yang dicetak oleh Alvaro Garcia memanfaatkan umpan Camello sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Kebobolan terlebih dahulu, Barcelona langsung merespon dan sempat mengancam gawang dari Rayo Vallecano melalui tendangan Robert Lewandowski, namun bola dapat dihalau oleh kiper Stole Dimitrievski.

Baca juga: Quattrick Castellanos bawa Girona kandaskan El Real 4-2

Pada sisa waktu babak pertama, kedua tim tetap bermain menyerang dan saling memberikan ancaman, namun hingga turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan Rayo Vallecano tetap bertahan.

Selanjutnya pada babak kedua pasukan asuhan Andoni Iraiola langsung mengambil inisiatif menyerang dan mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0 berkat gol yang dicetak oleh Fran Garcia pada menit ke-53.

Tertinggal dua gol, Barcelona tidak patah semangat dan berusaha untuk memperkecil ketertinggalan dan sempat berupaya melalui tendangan Gavi, namun bola dapat diamankan oleh Dimitrevski.

Barcelona berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-83 setelah Lewandowski mampu membobol gawang Rayo Vallecano melalui tendangan voli yang ia lepaskan sehingga skor berubah menjadi 1-2.

Pada sisa waktu babak kedua, Barcelona sempat beberapa kali mengancam melalui Lewandowski dan Raphinha, namun upaya yang dilakukan Blaugrana tidak ada yang membuahkan hasil sehingga skor 2-1 untuk kemenangan Rayo Vallecano tetap bertahan hingga laga usai.

Selanjutnya Barcelona akan menjamu Real Betis pada pekan ke-32 Liga Spanyol, Sabtu (29/4), sedangkan Rayo Vallecano akan bertandang ke markas Elche, di hari yang sama.

Baca juga: Toni Kroos dikabarkan telah teken kontrak baru dengan Real Madrid
Baca juga: Luka Modric bakal jadi nama komplek latihan Dinamo Zagreb

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023