Jakarta (ANTARA) - Mercedes-Benz mengumumkan sedan mewah baru mereka, E-Class 2024. Pada Selasa (25/4), raksasa otomotif Jerman itu meluncurkan sedan mewah yang lebih modern dan canggih secara teknologi daripada sebelumnya.

Generasi keenam Mercedes-Benz E-Class, yang juga dikenal sebagai "baby S-Class," akan dijual di pasar Eropa pada akhir tahun ini, sedangkan China akan mendapatkan versi model dengan wheelbase lebih panjang.

Sebagaimana tertulis dalam laporan Hindustan Times pada Rabu (26/4), E-Class baru juga diharapkan akan masuk ke pasar India pada awal tahun depan.

E-Class baru ini sedikit lebih besar dibandingkan pendahulunya. Ini terlihat dari wheelbase yang lebih panjang, yakni 2.961 mm atau meningkat sebesar 22 mm. Sedan mewah ini memiliki panjang 4.949 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.468 mm.

Baca juga: Mercedes-Benz sematkan MBUX Superscreen di E-Class baru

Mercedes mengatakan bahwa E-Class baru akan menawarkan koefisien hambatan aerodinamis hanya sebesar 0,23.

Mercedes-Benz telah meningkatkan desain E-Class dengan beberapa bagian yang terinspirasi dari EQE. Ini terlihat dari grille di depan yang menyerupai keluarga Mercedes EQ. Lampu depan dan belakang LED juga telah diubah desainnya dan menjadi lebih ramping.

Lampu belakang menawarkan motif bintang khas Mercedes. Di bagian sisi, sedan ini menawarkan gagang pintu flush. Sedan ini berdiri di atas set roda 21 inci.

Di bagian interior, E-Class baru dilengkapi dengan sistem generasi baru MBUX yang menawarkan pengalaman digital yang ditingkatkan. Pembuat mobil akan menawarkan dua versi sistem ini.

Selain MBUX Multimedia Premium, sistem MBUX Multimedia Premium Plus datang sebagai pilihan dan menawarkan augmented reality.

Dashboard didominasi oleh layar instrumen 12,3 inci dan layar infotainment bergaya potret 14,4 inci. E-Class juga menawarkan layar digital untuk penumpang di depan.

Selain opsi hiburan biasa, pengguna dapat memperoleh aplikasi asli seperti TikTok dan Angry Birds serta Zoom. Ditawarkan juga kamera swafoto dan video. E-Class baru ini dilengkapi dengan kunci kendaraan digital untuk mengunci dan membuka kunci melalui smartphone iPhone dan Apple Watch.

Mercedes akan menawarkan E-Class baru dengan mesin bensin dan diesel. E-Class 220 akan dilengkapi dengan unit empat silinder 2,0 liter yang menghasilkan 204 hp dan 320 Nm torsi.

E-Class 300 e akan memiliki unit yang sama yang dikaitkan dengan motor listrik yang dapat menawarkan 129 hp dan 440 Nm torsi.

Total daya gabungan dari sistem plug-in hybrid generasi keempat adalah 313 hp dan torsi gabungan 550 Nm. Ini juga akan tersedia dengan sistem penggerak empat roda. Menurut Mercedes, varian ini menawarkan jangkauan listrik murni sejauh 100 km.

E-Class 400 e 4Matic akan dilengkapi dengan mesin 2,0 liter yang dapat menghasilkan tenaga 252 hp dan dan torsi 400 Nm. Motor listrik tersebut mampu menghasilkan tenaga 129 hp dan torsi 440 Nm. Total tenaga gabungan dari sistem plug-in hybrid adalah 381 hp dan torsi gabungan 650 Nm.

Mengenai mesin diesel, konsumen dapat memilih E-Class 220 d yang dilengkapi dengan mesin empat silinder 2,0 liter yang menghasilkan tenaga 197 hp dan torsi 440 Nm.

Mercedes menawarkan beberapa fitur keamanan dengan E-Class baru. Mobil ini dilengkapi teknologi ADAS level 4 yang memiliki fitur seperti parkir valet tanpa pengemudi. 

Baca juga: Delapan perusahaan akan tarik 30 ribu kendaraan di Korea Selatan

Baca juga: Lima perusahaan di Korsel tarik ribuan kendaraan karena komponen cacat

Baca juga: Inchcape dan Indomobil jadi pemegang merek Mercedes-Benz di Indonesia
 
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023