Bandung (ANTARA News) - Lalu lintas di jalur wisata di Kota Bandung, Jawa Barat, sepanjang Minggu (30/12) padat bahkan di beberapa ruas terjadi kemacetan.

Lalu lintas di jalur wisata Bandung - Lembang macet sejak Minggu siang. Arus kendaran pribadi yang melaku ke arah Lembang terus menyemut hingga sore hari.

"Selain berwisata ke kawasan Lembang, mereka juga warga Jakarta yang hendak menginap dalam rangka liburan Tahun Baru 2013," kata Ketua PHRI Kota Bandung, Momon Abdurahman, di Bandung, Minggu.

Menurut Momon, para tamu hotel pada Minggu siang hingga malam mulai memasuki hotel yang telah mereka pesan hingga Selasa (1/1).

Menurut Momon, rata-rata pemesan kamar untuk dua hingga tiga hari khusus untuk paket akhir tahun. Libur bersama pada Senin (31/12) menjadi alasan warga Ibukota Jabar lebih awal berlibur ke Bandung.

Jalur ke arah Lembang terpaksa diarahkan menggunakan jalur Parongpong - Lembang untuk mengurangi kepadatan di jalur utama menuju kawasan wisata Bandung utara itu.

Lalu lintas wisata berbaur dengan arus lalu lintas warga lokal yang beraktifitas di jalur itu. Jajaran Polantas Polrestabes Bandung dan Polres Cimahi mengawasi khusus jalur itu.

Antrian kemacetan kendaraan ke arah utara terjadi sejak Jalan Sukajadi dan Jalan Cipaganti, Jalan Setiabudi hingga Ledeng.

Kepadatan juga terjadi di kawasan obyek wisata Kebun Binatang Bandung di Jalan Tamansari Kota Bandung. Kabun Binatang menjadi salah satu obyek wisata tujuan warga Kota Bandung dan sekitarnya.

Hal sama juga di jalur Bandung - Soreang Ciwidey terjadi peningkatan arus kendaraan pada Minggu. Bahkan, dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya pada Minggu (30/12) terlihat lebih ramai.

Bus-bus besar dari Jabodetabek juga banyak melintas ke jalur wisata alam Ciwidey itu. Di kawasan tersebut terdapat obyek wisata Kawah Putih, Pemandian Cimanggu, Perkemahan Kawah Putih, Ciwalini serta Situ Patengang.

Peningkatan arus wisata juga di jalur Bandung - Banjaran - Pangalengan menuju obyek wisata Pemandian Air Panas Cibolang dan Situ Cileunca.

Jajaran Polres Bandung secara khusus menempatkan personil di jalur wisata karena terdapat sejumlah rawan kecelakaan lalu lintas dan rawan longsor.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012